Bagikan:

JAKARTA - Induk dari banyak produsen mobil, Stellantis, akan berinvestasi hingga 200 juta euro atau Rp3,2 trilun untuk menjadikan pabrik perakitan Mirafiori di Italia sebagai bagian dari program 'grEEn campus'.

Mirafiori terletak di Turin dan akan menjadi salah satu lokasi utama Stellantis selain Poissy di Prancis dan Russelsheim di Jerman dalam bagian rencana untuk mengubah fasilitas utama Stellantis menjadi pabrik perakitan yang netral karbon, baik untuk desain, penelitian dan pengembangan, serta fungsi utama perusahaan.

Pabrik Mirafiori di Italia adalah kompleks industri terbesar sekaligus pabrik mobil tertua di Eropa yang masih beroperasi hingga sekarang. Pabrik ini memiliki luas area 2.000.000 m² dan dilengkapi dengan 20 kilometer jalur kereta api dan 11 kilometer jalan bawah tanah yang menghubungkan berbagai gudang.

Pada tahun 2011, pabrik ini bisa memproduksi listrik mandiri sekitar 210 GWh/tahun. Saat ini, pabrik tersebut menampung sekitar 18.000 karyawan dan pada tahun 2012 memproduksi sekitar 41.600 mobil, termasuk SUV mewah Maserati Levante, sedan sport Maserati Ghibli, dan sedan mewah Maserati Quattroporte.

Selama lebih dari 80 tahun sejak peresmiannya, pabrik Mirafiori telah memproduksi lebih dari 35 jenis mobil dan 28,7 juta kendaraan.

3
(Dok. Stellantis)

"Kami sedang mempertimbangkan kembali bangunan ikonik kami untuk lebih responsif terhadap cara kerja hibrida baru kami, karena sejumlah besar rekan kerja kami memanfaatkan fleksibilitas kerja jarak jauh, sambil juga berkontribusi pada pengurangan jejak karbon perusahaan," kata Xavier Chéreau, Kepala Sumber Daya Manusia & Transformasi Stellantis kepada Reuters, 3 Juli.

Proyek Mirafiori akan selesai pada tahun 2025 dan setidaknya mampu menampung setidaknya 10.000 pekerja Stellantis.

Diketahui, tahun lalu Stellantis telah mengumumkan investasi di Mirafiori untuk meningkatkan produksi transmisi ganda ber-elektrifikasi (eDCT) dan menjadikan pabrik tersebut sebagai pusat utama kelompok perusahaan untuk bisnis 'ekonomi sirkular', yang berfokus pada perbaikan ulang dan pemusnahan kendaraan serta penggunaan kembali komponennya.

Produksi di Mirafiori ini nantinya juga untuk perakitan mobil kecil listrik Fiat 500, salah satu produk terlaris kelompok Stellantis di Eropa.