Demi Meningkatkan Edukasi Perihal Teknologi Elektrifikasi, PT HPM Bekerjasama dengan UI
Suasana penandatanganan kerjasama PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan Universitas Indonesia (UI). (Dok. Honda Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, PT Honda Prospect Motor (HPM), yang merupakan penyedia mobil Honda di Indonesia, berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI) dalam bidang edukasi dan riset teknologi elektrifikasi di Balai Sidang UI.

Dalam kerjasama ini, Honda meminjamkan dua unit mobil listrik Honda e, satu unit motor Honda PCX Electric, dan satu unit power product Honda LiB-AID e500 untuk mendukung mobilitas dalam lingkungan pembelajaran di UI.

Honda juga menyediakan satu stasiun pengisian daya EV untuk mengisi daya baterai Honda e. Mereka juga memberikan satu unit mobil ramah lingkungan, Honda Brio, sebagai alat penelitian bagi mahasiswa Teknik UI.

Selain itu, Honda memberikan kelas edukasi dan workshop kepada mahasiswa UI selama tiga tahun di fasilitas HPM. Tidak hanya itu, Honda juga mendukung tim mahasiswa UI dalam merancang dan membangun kendaraan hemat energi untuk ajang Shell Marathon Asia 2023 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok pada tanggal 4-9 Juli 2023.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, serta President Director PT HPM, Kotaro Shimizu, dan Senior Vice President Director PT HPM, Benawati Abas.

"Kerjasama ini merupakan jembatan antara industri dan akademisi dalam mewujudkan elektrifikasi di Indonesia melalui edukasi dan riset. Kami bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dan memberikan solusi yang berkelanjutan bagi masyarakat dan generasi mendatang," kata Kotaro Shimizu, President Director PT Honda Prospect Motor (HPM), dalam keterangan resmi pada Senin, 26 Juni.

Kerjasama ini sejalan dengan komitmen global Honda untuk mengatasi masalah lingkungan dengan mencapai netralitas karbon pada semua produk dan aktivitas perusahaan mulai tahun 2050.

Visi yang sama juga diadopsi oleh UI dalam program "UI GreenMetric", di mana universitas tersebut mengedepankan penghijauan melalui berbagai program ramah lingkungan yang melibatkan semua aktivitas di kampus UI.

Foto: Suasana penandatanganan kerjasama antara PT Honda Prospect Motor (HPM) dan Universitas Indonesia (UI) (sumber: Honda Indonesia)