Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz, mengumumkan menarik kembali mobil listrik terbarunya, Mercedes EQS dan S-Class.

Penyebab recall ini karena ada kesalahan pada sistem perangkat lunak pada kedua model tersebut. Diketahui, pada bagian speedometer selalu menunjukkan angka 0 km/jam yang tidak menunjukkan kecepatan mobil sebenarnya.

Dilansir dari Carscoops, Jum'at, 26 Mei, sebanyak 7.558 unit kendaraan yang terdampak pada model Mercedes EQS 450 dan EQS 580 2022, Mercedes S580e 2023, dan Mercedes-Maybach S580 dan S680 2023.

Mercedes mulai menyadari masalah tersebut pada sistem ESP tersebut pada Januari 2022 lalu, ketika pihak pabrikan menerima laporan tentang sistem kontrol dinamis yang hilang. 

Hal ini menjadi masalah besar karena mobil bisa kehilangan fungsi seperti slip akselerasi, distribusi gaya rem elektronik, dan bahkan sistem pengereman anti-lock.

Berdasarkan hasil simulasi kondisi lapangan, teknisi Mercedes menemukan kesalahan ini dapat memicu kegagalan sistem ESP.

Saat ini, Mercedes mencatat 96 laporan yang mungkin terkait dengan masalah ini. Meskipun, tidak ada satu pun yang mengakibatkan kecelakaan atau cedera.

Mercedes akan mengirim surat pemberitahuan ke pemilik kendaraan mulai 18 Juli mendatang dan bagi pemilik diminta membawa model-model ini ke diler resmi agar teknisi dapat melakukan pembaruan pada sistem perangkat lunak.