Ini Bukan Sepeda tapi Inilah Motor Pertama Harley-Davidson
Harley-Davidson "Model 1" (1905). (Dok. Harley-Davidson Inc.)

Bagikan:

JAKARTA - Bisa dibilang Harley-Davidson adalah motor paling terkenal di dunia. Meski jarang ditemui di jalanan, suara knalpotnya yang khas serta harganya yang mahal tidak mudah untuk dilupakan. Begitu populernya motor ini sampai ada anekdot “yang namanya moge pasti Harley-Davidson”.

Nah meski harganya mahal, banyak penggemar motor ini menganggap memiliki motor Harley-Davidson bukanlah sekadar membeli kendaraan, melainkan sebuah investasi.Terlebih bagi yang ingin menunjukkan status sosial atau gaya hidup yang lebih maskulin dan klasik.

Namun, pernahkah tahu bagaimana wujud motor pertama yang diproduksi Harley-Davidson? Bagaimana sedikit sejarahnya?

4
Harley-Davidson "Model 0" (1903-1904). (Dok. Harley-Davidson Inc.)

Dikutip dari laman perusahaan pada segmen Museum Harley-Davidson, sejarah Harley-Davidson dimulai pada awal tahun 1901, ketika seorang pemuda berusia 21 tahun bernama William S. Harley dan dan sahabat masa kecilnya, Arthur Davidson mengembangkan sebuah proyek sepeda motor dengan mesin satu silinder.

Keduanya bekerja keras mewujudkan sepeda motor itu di ruang bawah tanah keluarga Davidson di Milwaukee, Wisconsin. Mereka juga dibantu Henry Melk yang memiliki mesin bubut dan seorang masinis dan insinyur muda bernama Ole Evinrude. 

Namun motor yang dihasilkan ternyata tidak bertenaga dan tidak memuaskan harapan mereka. Harley-Davidson versi pertama adalah motor yang sederhana dan mudah dikendarai. Tidak lebih dari mesin satu silinder yang dipasang pada rangka sepeda, yang langsung menggerakkan roda belakang melalui sabuk. Motor itu tidak memiliki kopling atau persneling.

Di sisi lain, merasa agak terganggu dengan proyek baru putranya, ayah Davidson meminta mereka untuk memindahkan proyek kerjaan mereka dari ruang bawah tanah ke halaman belakang.

Di sana, mereka membangun gudang kayu pada tahun 1903 dan memulai kembali dengan mesin dan rangka baru yang lebih besar yang dirancang agar cocok satu sama lain. Dan untuk menyempurnakan motornya, Arthur meminta bantuan saudaranya Walter Davidson, yang bekerja sebagai masinis di sebuah kereta api di Kansas.

Prototipe baru dengan mesin yang lebih besar diselesaikan pada tahun 1904. Model ini berpartisipasi dalam balap motor di State Fair Park di Milwaukee. Dan pengembangan pun berlanjut pada sepeda produksi pertama, Harley-Davidson Model No. 1 yang terdaftar secara resmi dirilis pada tahun 1905 dan sangat mirip dengan dua sepeda pertama yang diproduksi.

Tahun pertama itu mereka hanya memproduksi lima unit. Tiga unit di antaranya dijual dealer Harley-Davidson pertama, Carl H Lang di Chicago.

3
Motor terbaru di 2023 edisi khusus perayaan 120 tahun. (Dok. Harley-Davidson Inc.)

Pada tahun 1906, sebuah pabrik baru dibangun di sebidang tanah yang baru dibeli di Milwaukee's Chestnut Street, hanya satu blok dari rumah Davidson.

Popularitas motor Harley-Davidson tumbuh dengan cepat setelah membangun pabrik baru ini, dari hanya berhasil menjual 3 unit motor di tahun pertama kemudian bisa menjual total 13.000 kendaraan dalam waktu 10 tahun.