Bagikan:

JAKARTA - Harley-Davidson merilis motor terbaru X 500 hasil kerja sama dengan produsen motor China, QJ Motor. 

QJ Motor atau Qianjiang, adalah perusahaan induk dari beberapa merek motor terkenal seperti Benelli, Keeway, dan QJ Motor. Selain dengan Harley-Davidson, perusahaan ini juga memiliki kemitraan dengan produsen besar lain yaitu MV Agusta.

Dari tampilannya, X 500 tampak mengalami perubahan gaya dari desain khas cruiser Harley-Davidson, atau motornya lebih mengarah pada desain roadster perkotaan. 

Model terbaru ini resmi diperkenalkan pada akhir April menjelang penutupan Shanghai Auto Show 2023, dilansir dari Rideapart, Minggu, 30 April.

1
(Dok. Motor1)

Nah karena produk kerja sama, Harley-Davidson X500 memiliki banyak kesamaan dengan salah satu motor yang sudah ada di jajaran produk Qianjiang, yaitu Benelli Leoncino 500. Mulai rangka, roda, dan postur keseluruhan dari X500 terlihat identik dengan Leoncino 500. 

Dalam hal performa, bagi yang sudah akrab dengan mesin twin 500cc buatan Benelli, tidak akan perlu pengenalan lebih lanjut. 

Motor ini dilengkapi dengan mesin twin parallel 500cc dengan pendingin cairan, menghasilkan 47 dk di 8.500 RPM dan torsi 46 Nm di 6.000 RPM.

Mesin didukung oleh rangka tabung baja, dan suspensi upside-down yang cukup besar dengan diameter 50 mm serta mono shock di belakang. X500 menggunakan pelek 17 inci di depan dan belakang, serta dilengkapi dengan rem cakram ganda radial di depan dan rem cakram tunggal di belakang.

Secara fitur, X500 dilengkapi dengan pod instrumen semi-digital yang membuat tampilannya terlihat kompak, juga lampu depan LED dan tentu ada logo Harley-Davidson.

Motor baru Harley-Davidson ini dibanderol 44.388 Yuan atau setara Rp99 jutaan. Ada tiga pilihan warna X500 yang bisa dipilih, yakni Dazzling Black, Vibrant Orange, dan Bright Silver.