Percepat Inisiatif Menuju Netralitas Karbon, Honda Gandeng POSCO Holdings
2024 Honda Prologue SUV, mobil sepenuhnya listrik yang menandai era baru kendaraan listrik Honda. (Dok. Honda)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan dan mempercepat inisiatif menuju netralitas karbon, perusahaan otomotif asal Jepang, Honda Motor Co mengumumkan kerjasama bisnis dengan POSCO Holdings dalam hal pengembangan baterai untuk kendaraan listrik.

Toshihiro Mibe, selaku CEO Global Honda, mengatakan bahwa pihaknya menjalani mitra dengan POSCO bertujuan untuk mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk Honda dan aktivitas perusahaan pada 2050.

"Kami percaya bahwa perluasan kemitraan kami dengan POSCO, yang memiliki keahlian luas di bidang bahan baterai, daur ulang, baja lembaran, dan baja listrik sheet, akan membantu kami mempercepat strategi elektrifikasi kami," ujar Mibe dilansir dari laman resmi Honda Indonesia, Rabu, 3 Mei.

Sementara, Chairman of POSCO Holdings Inc, Choi Jeong-Woo, mengatakan bahwa pihaknya senang mendapat kepercayaan dari Honda untuk mengembangkan baterai listrik untuk kendaraan pabrikan asal Jepang tersebut.

“Honda telah menjadi mitra strategis kami dalam bisnis baja, dan kami senang dapat memperluas sistem kerja sama kami ke bidang material baterai. Kami berharap bahwa “rangkaian nilai penuh” Grup POSCO untuk bahan baterai, yang mencakup bahan dasar seperti litium dan nikel, bahan katoda dan anoda, bahan baterai masa depan, dan daur ulang, akan sangat membantu strategi Honda untuk mengembangkan listriknya dalam bisnis kendaraan,” ungkap Choi.

Kerjasama tersebut meliputi beberapa sektor, yakni pengembangan teknologi baterai, teknologi daur ulang, pengembangan lembaran baja tarik yang berguna untuk mengurangi bobot kendaraan, dan lembaran baja otomotif.

Di luar itu, Honda dan POSCO juga bermitra dalam penerapan lembaran baja listrik pada produksi massal motor penggerak untuk e-Axle (penggerak gandar listrik).