Tiguan Masuk Jajaran Lini EV Terbaru VW
Volkswagen ID.4. (Dok. Volskwagen Group)

Bagikan:

JAKARTA - Menuju ranah kendaraan sepenuhnya listrik, Volkswagen mengungkapkan sedang mempersiapkan tiga SUV bertenaga listrik terbaru ke dalam jajaran "ID".

VW menyiapkan tiga SUV tersebut demi memperluas jangkauan kendaraan listrik terutama di pasar Eropa, dilansir dari Autocar, Selasa, 2 Mei.

Rencananya, VW menyiapkan model ID.4 dan ID.5 dengan peningkatan opsi powertrain akhir 2023, sebelum kedua model tersebut dibuatkan versi facelift. Keduanya juga akan mendapatkan pembaruan interior digital awal 2024.

Selanjutnya, dua model crossover atau SUV listrik berukuran kecil juga sedang disiapkan pabrikan asal Wolfsburg, Jerman tersebut. 

Satu lagi, Volkswagen dikabarkan akan membangkitkan dan mengubah model Tiguan yang sebagai kendaraan listrik. Rencananya, Tiguan EV tersebut diperkenalkan pada 2025.

Pabrikan belum mau membeberkan soal spesifikasinya. Namun, diharapkan mobil tersebut memiliki kapasitas interior lima kursi dan disertai opsional tujuh kursi. Kemungkinan VW akan menawarkan pilihan penggerak roda belakang dan semua roda.

VW juga sedang menyiapkan platform generasi terbaru, yakni MEB+ dengan pengembangan lebih lanjut dari sebelumnya, MEB.

"Untuk mencapai ini, kami berinvestasi secara substansial dalam peningkatannya. Dengan MEB+, kami akan berada di posisi yang sangat baik pada masa mendatang," ujar CEO VW, Thomas Schäfer.

Platform MEB+ juga direncanakan akan mengadopsi teknologi sel baterai terbaru. Dikonfirmasi dari Volkswagen, sel baterai tersebut akan diperkenalkan pada 2025 mendatang.