Balik dari Mudik Lebih Melelahkan, Inilah yang Harus Dipersiapkan saat Berada di Rest Area
Ilustrasi. (Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Suasana perjalanan ketika mudik ke kampung halaman selalu terasa lebih menyenangkan dari suasana baliknya, persiapan matang diperlukan menghadapi  perjalanan yang terasa lebih melelahkan.

Rest area tersebar di berbagai wilayah untuk mengantisipasi hal tersebut agar pemudik sampai ke tempat tujuan dengan aman.

Walaupun fasilitas tersebut dihadirkan untuk beristirahat, pemudik diperingatkan untuk tidak berlama-lama di rest area agar pemudik lain dapat bergantian tempat beristirahat.

Berikut tips untuk pemudik yang bisa dipraktekkan agar dapat memaksimalkan fasilitas rest area seperti yang ditulis dari laman resmi Auto2000, Jum'at, 28 April 2023 :

  1. Perhatikan tanda dan rambu

Tanda ataupun rambu yang dihadirkan di rest area dapat membantu pemudik untuk mengetahui fasilitas di sekitar rest area.

Selain itu, pastikan kendaraan terparkir di tempat yang seharusnya agar kendaraan berada di tempat yang aman dan tidak berbahaya sehingga tidak mengganggu pemudik lain.

  1. Bawa barang berharga

Selama masa mudik, tentunya para pemudik membawa barang-barang berharga selama perjalanan, seperti dompet, tas, uang, ponsel.

Pastikan semua barang berharga berada di tempat aman dan terjaga. Bila ingin meninggalkan mobil sesaat, kuncilah pintu mobil dan tutup jendela demi terhindar dari segala tindakan yang tidak diinginkan.

  1. Bertanggung jawab dalam menggunakan fasilitas

Walaupun hanya ditempati sementara untuk beristirahat, pemudik juga harus bertanggung jawab dalam menggunakan fasilitas di rest area, seperti tidak merokok di area tertentu, tidak membuang sampah sembarangan demi kenyamanan pemudik lainnya.

  1. Sediakan uang yang cukup

Selalu sediakan uang tunai maupun elektronik yang cukup untuk membeli makanan dan minuman selama berada di rest area.

  1. Jangan terlalu lama

Pemudik juga dihimbau untuk tidak lama berada di rest area. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi pemudik lain dalam beristirahat.

Agar tidak lama selama berada di rest area, pemudik dapat memaksimalkan waktu istirahat, periksa kondisi mobil, mengisi bahan bakar, serta pastikan kondisi fisik terjaga untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.