Wajib Tahu! Ini Titik Kemacetan di Ruas Tol Jakarta Saat Arus Mudik-Arus Balik
Simulasi Basarnas melakukan evakuasi terhadap korban yang terjebak kemacetan/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Puncak arus mudik diprediksi akan berlangsung pada tanggal 29 April 2022 hatau H-3 Idulfitri 1443 H dan puncak arus balik diperkirakan pads 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran.

Jasamarga Metropolitan Tollroad mengungkapkan beberapa titik di ruas Tol Jakarta-Tangerang, ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit, dan ruas Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo yang berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas, terutama pada arus mudik dan arus balik.

Kepadatan di ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit berada di di Simpang Susun Cawang arah Timur, Gerbang Tol Tomang, dan Gerbang Tol Halim.

Sementara, kepadatan di ruas Tol Prof. Dr. Ir Soedijatmo potensi kepadatan akan terjadi di Gerbang Tol Cengkareng dan Gerbang Tol Kapuk.

"Sementara itu, pada Ruas Tol Jakarta-Tangerang titik kepadatan di antaranya adalah dampak kepadatan Gerbang Tol Cikupa arah Merak, dampak kepadatan di Gerbang Tol Tomang, dan akses masuk serta akses keluar rest area,” kata Pgs. General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Citra Maharani dalam keterangannya, Selasa, 26 April.

Citra menuturkan, akan ada langkah antisipasi kepadatan yang dilakukan, di antaranya dengan penempatan rambu VMS & Prisma, VMS Mobile, serta rekayasa lalu lintas secara situasional.

Rekayasa lalu lintas, jika kepadatan terjadi, akan dilakukan di Simpang Susun Tomang, Simpang Susun Cawang arah Cikampek, Simpang Susun Kembangan, serta akses keluar dan akses masuk rest area.

Lebih lanjut, Citra menuturkan Jasa Marga telah menyiapkan peningkatan layanan transaksi. Peningkatan transaksi yang dilakukan dengan memastikan pengoperasian gardu dan keberfungsian peralatan tol 100 persen, pengoperasian gardu OAB, dan menyiagakan personil tambahan bantu tapping serta mobile reader untuk antisipasi kepadatan di gerbang tol.

Pengguna jalan dapat menggunakan fasilitas pengisian e-Toll di Kantor Gerbang Tol Kapuk, Akses Pluit, Rest Area KM 13+500 arah Tangerang, dan Rest Area KM 14+000 arah Jakarta.

Lalu, penyediaan kartu perdana e-Toll berada di Gerbang Tol Tomang, Gerbang Tol Halim, Gerbang Tol Cililitan, Gerbang Tol Senayan, Gerbang Tol Kapuk, dan Gerbang Tol Cengkareng.

"Jasa Marga mengupayakan penempatan kendaraan operasional dan petugas pada lokasi potensi kepadatan, memastikan kendaraan layanan operasional dalam kondisi baik, serta sarana dan prasarana penunjang dipersiapkan secara maksimal dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan pencegahan COVID-19 bagi petugas maupun pengguna jalan," urainya.