Astra Tol Cipali Prediksi Arus Mudik Meningkat 4,1 Persen pada H-3 Lebaran
Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) siap mendukung arus mudik dan balik Lebaran 2023 melalui peningkatan fasilitas dan Infrastruktur jalan tol untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para pengguna jalan.

"Dengan tidak adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada arus mudik dan balik 2023, kami selaku pengelola Ruas Tol Cipali siap memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan," kata Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis lewat keterangan tertulisnya, Jumat, 14 Februari.

Firdaus menyebut, pihaknya memprediksi peningkatan arus mudik di Tol Cipali akan meningkat 4,1 persen atau sebanyak 121 ribu kendaraan akan melintas pada H-3 arus mudik.

Sedangkan, prediksi arus balik sebanyak 139 ribu kendaraan akan melintas pada H+3 setelah Lebaran.

Astra Tol Cipali juga telah menyelesaikan pekerjaan pelebaran lajur ketiga di depan rest area KM 86, 102 dan 130 pada 13 April 2023.

"Kami berharap, pelebaran lajur ketiga skala prioritas di depan rest area dapat mengurai kepadatan yang terjadi. Sedangkan, pelebaran pertemuan antara Jasa Marga dengan Astra Tol Cipali akan dimulai kembali setelah Lebaran," ujar Firdaus.

Dalam mewujudkan jalan tol yang aman, nyaman dan lancar, tentunya Astra Tol Cipali menyiapkan berbagai antisipasi dalam mencegah terjadinya penumpukan kendaraan dibeberapa titik seperti rest area yang menjadi lokasi favorit para pengguna jalan dalam beristirahat.

Salah satunya dengan pengaturan waktu istirahat di rest area yang bekerja sama dengan kepolisian wilayah, apabila kapasitas daya tampung di rest area sudah memasuki 70 persen dengan melakukan imbauan untuk dapat beristirahat di rest area selanjutnya ataupun keluar gerbang tol terdekat agar dapat beristirahat dengan maksimal.

Dengan adanya peningkatan volume lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2023, Astra Tol Cipali juga menambah berbagai fasilitas di rest area demi meningkatkan kenyamanan pengguna jalan dengan penambahan toilet di rest area KM 86 arah Jakarta dan Cirebon sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir, serta di rest area 130 arah Jakarta dengan penambahan 32 bilik toilet.

Tidak hanya itu, kapasitas kantong parkir yang berada di rest area KM 86 arah Jakarta dan Cirebon di Ruas Tol Cipali mampu menampung kendaraan sampai dengan 150 kendaraan.

Kemudian, di rest area KM 130 arah Jakarta dan Cirebon dapat menapung 350 kendaraan pemudik. Untuk rest area tipe A yang berada di KM 102, 101, 166 dan 164 memiliki kapasitas kantong parkir lebih dari 700 kendaraan.