Astra Mulai Kerjakan Pelebaran Jalan Tol Cipali
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pengelola jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Astra Tol Cipali, mulai mengerjakan pelebaran jalan, untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna jalan tol Trans Jawa tersebut.

"Pelebaran jalan ini berdasarkan kajian studi trafik dan kondisi lalu lintas di jalan Tol Cipali," kata Firdaus Azis, Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, di Subang, dikutip dari Antara, Jumat 10 Maret.

Ia menyampaikan, proyek pelebaran jalan atau lajur ketiga yang dilakukan itu merupakan salah satu bentuk keseriusan ASTRA Tol Cipali dalam mewujudkan pelayanan prima kepada pengguna jalan.

Disebutkan kalau kegiatan pelebaran lajur ketiga dilakukan secara bertahap yang dimulai tahun 2023. Hal itu sesuai dengan kajian studi trafik dan kondisi lalin di jalan Tol Cipali.

Menurut dia, kegiatan lokasi pelebaran jalan ini dilakukan di lokasi prioritas. Di antaranya di KM 72-85 dan di depan rest area KM 86 arah Cirebon dan Jakarta, KM 101 dan KM 102 serta KM 130 arah Cirebon dan Jakarta.

"Pada prinsipnya kami siap melakukan percepatan pelebaran pada tahun-tahun berikutnya, berdasarkan studi trafik dan evaluasi kondisi lalu lintas yang memang dirasa perlu untuk melakukan pelebaran pada lokasi lainnya,” kata dia.

Firdaus mengatakan, dalam pelaksanaannya, pekerjaan pelebaran lajur ketiga itu dibagi menjadi dua paket.

Untuk paket pertama ialah KM 72+ 109 sampai KM 80+000 dan rest area KM 130 serta paket kedua yang dimulai dari KM 80+000 sampai 85+850 dan rest area 86, serta KM 101 dan KM 102 arah Cirebon dan Jakarta.

Kegiatan pembangunan pelebaran jalan Tol Cipali itu ditandai dengan peletakan batu pertama, mulai dari KM 72+109 sampai KM 85+850

Prosesi peletakan batu pertama itu dilakukan dengan menyalakan sirine sebagai tanda diresmikannya pekerjaan pelebaran lajur ketiga di jalan Tol Cipali.

Dalam prosesi itu, hadir Group Chief Operating Officer Astra Infra Kris Ade Sudiyono, Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali Firdaus Azis, Direktur Operasi Agung Prasetyo dan Chief Executive ASTRA Infra Solutions Ega N Boga.

ASTRA Tol Cipali menunjuk PT Astra Infra Solutions selaku Project Management Consultant dalam melakukan pekerjaan pelebaran lajur ketiga, serta menunjuk Konsultan Supervisi Paket Pertama, PT Mitrapacific Consulindo International dan Konsultan Supervisi Paket Kedua, PT Indec Internusa.