Rencana Toyota Mendulang Laba Melalui Kendaraan Listrik
Toyota (ilustrasi: Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Brand raksasa otomotif asal Jepang, Toyota semakin mantap dalam menggarap mobil listrik ke depannya. Terlebih lagi, potensi dalam meraup keuntungan cukup besar.

Presiden Toyota yang baru, Koji Sato mengumumkan rencana tiga bagian untuk membantu strategi perusahaan dalam mendulang keuntungan dari fokus penjualan kendaraan listrik sesegera mungkin.

Toyota di bawah pimpinan Sato berencana untuk memiliki kapasitas produksi tahunan sebesar 1,5 juta unit pada 2025 dan sebanyak 3,5 juta unit untuk lima tahun setelahnya. Rencana ini jelas berbeda dengan yang diterapkan oleh Presiden Toyota sebelumnya, Akio Toyoda.

Dilansir dari Teslarati, Selasa, 25 April 2023, Sato kini mendapatkan tugas dalam mewujudkan misi tersebut yang merupakan perubahan sangat signifikan dari perusahaan yang sebelumnya belum melirik pasar kendaraan listrik.

Langkah pertama yang dilakukan Sato adalah memperkenalkan model EV pertama pabrikan Jepang ke pasar global, yang dimana ini sudah dilakukan.

Lalu, langkah kedua yakni menerapkan sejumlah perubahan pada seri EV mendatang, yang kemungkinan Toyota akan merilis wajah baru model kendaraan listrik yang telah ada.

Lalu, langkah terakhir yaitu memperkenalkan platform terbaru untuk kendaraan listrik Toyota pada tahun 2026 dengan meningkatkan performa EV, menambah angka pendapatan, serta mewujudkan setengah biaya pengembangan EV.

Toyota dikenal ahli dalam mendulang laba. Dicatat oleh Automotive News, Toyota menjadi pemimpin dari segi profibilitas dengan secara konsisten mencapai margin sebesar 10 persen.

Meskipun demikian, Toyota sedang berada di bawah tekanan untuk bergerak maju. Terlebih lagi, brand kendaraan listrik terbesar seperti Tesla yang memimpin dengan meraup margin sebanyak 20 persen.