Tiga Mobil Listrik Ford Ini Dapat Subsidi Rp56 Juta
Tiga mobil listrik Ford yang mendapatkan subsidi. (Dok. Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Ford baru-baru ini dalam keterangannya menyebut tiga mobilnya yang termasuk dalam kategori mobil listrik dan hibrida plug-in akan memenuhi syarat untuk mendapat subsidi dari program investasi individual (IRA) pada tahun 2023. Ketiga mobil tersebut adalah Mustang Mach-E, F-150 Lightning, dan Escape Plug-in Hybrid.

Menurut Reuters, Kamis, 6 April, merupakan bagian amanat Kongres pada bulan Agustus sebagai bagian dari RUU iklim senilai 430 miliar AS. Aturan itu ditujukan untuk memindahkan ketergantungan produksi baterai AS dan rantai pasokan dari China.

Pemberian subsidi ini merupakan kabar baik bagi konsumen yang tertarik untuk membeli mobil listrik atau hibrida plug-in Ford. Dengan adanya subsidi, harga mobil menjadi lebih terjangkau dan dapat menjadi pilihan yang lebih menarik beralih ke mobil yang lebih ramah lingkungan.

"Kami akan memastikan produk kami dapat menggunakan subsidi tersebut. Kredit adalah "pendorong utama bagi industri karena berdampak pada keterjangkauan." ungkap CEO Stellantis Carlos Tavares kepada Reuters di sela-sela New York Auto Show.

Berikut daftar kendaraan Ford yang mendapatkan insentif pajak berikut besaran insentifnya:

Mobil EV

  • Ford F-150 Lightning: 7.500 dolar AS
  • Ford Mustang Mach-E: 3.750 dolar AS
  • Ford E-Transit: 3.750  dolar AS​​​​​​​

Hibrida Plug-In

  • Ford Escape Plug-In Hybrid: 3.750 dolar AS​​​​​​​
  • Lincoln Corsair Grand Touring: 3.750 dolar AS​​​​​​​
  • Lincoln Aviator Grand Touring: 7.500 dolar AS