Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan mobil asal Jerman, Volkswagen akan menarik kembali (recall) 143.053 unit mobilnya karena permasalahan airbag bagian depan. Masalah itu ditemui pada Atlas produksi 2018-2021 dan Atlas Cross Sport 2020.

Masalah pada airbag ini karena kesalahan pada sistem kabel deteksi penumpang kursi bagian depan. Pabrikan mengimbau para pemilik mobil untuk tidak berkendara dengan siapa pun pada kursi penumpang sampai perbaikan selesai. 

VW belum menemukan solusi untuk masalah tersebut. Namun, perusahaan sedang berusaha mencari cara memperbaikinya. Perusahaan akan memberi tahu pemilik mobil yang terkena dampak ketika perbaikan sudah siap.

Penyelidikan masalah ini dilakukan oleh VW sejak Agustus 2019 ketika menerima laporan terkait itu, dilansir dari Motor1, Selasa, 4 April. Kemudian mereka menganalisis masalah tersebut hingga Mei 2020. Lalu, pada Februari 2021, Volkswagen Product Safety Committee menemukan bahwa kegagalan sistem deteksi penumpang "sangat rawan".

Lalu, mereka merilis buletin perihal teknis mengenai masalah ini pada Juni 2021. Hingga pada akhirnya 22 Maret lalu, VW memutuskan untuk menarik kembali unit yang terkena dampak tersebut.

VW Atlas merupakan SUV berukuran sedang yang diperkenalkan pada tahun 2017. Model ini diproduksi untuk pasar Amerika Serikat (AS), Kanada dan China. Model ini memiliki nama lain, yakni Volkswagen Teramont untuk pasar di luar AS dan Kanada.

Mobil ini diproduksi dalam beberapa variasi, yakni varian mesin 4-silinder dengan mesin 2,0 liter, dan 6-silinder 2,5 liter dan 3,6 liter.

Pabrikan asal Jerman tersebut juga memperkenalkan model terbaru dari Atlas dan Atlas Cross Sport untuk model tahun 2024. Bagian eksteriornya diperbarui dengan lampu depan yang lebih besar serta bilah lampu yang memanjang pada bagian moncong.