Texas akan Pajaki Kendaraan Listrik untuk Perbaiki Jalan Raya
2023 GMC HUMMER EV Edition 1 Pickup. (Dok. GMC)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah negara bagian Texas, Amerika Serikat, sedang mempertimbangkan untuk mengenakan pajak kendaraan listrik sebesar 200 dolar AS per tahun. 

Biaya tersebut akan dikenakan sebagai ganti rugi karena banyaknya pemilik kendaraan berbahan bakar fosil beralih ke listrik, akibatnya pendapatan pajak jadi menurun. Dan selama ini pajak untuk kendaraan itu dipakai untuk memperbaiki infrastruktur jalan raya di Texas.

Pendukung rencana ini mengatakan bahwa pengemudi mobil listrik harus membayar pajak yang sama dengan pengemudi mobil bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil. Mereka berpendapat bahwa pajak bahan bakar digunakan untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan raya, yang juga digunakan oleh kendaraan listrik.

Namun, para kritikus menolak rencana tersebut dan mengatakan bahwa ini adalah bentuk diskriminasi terhadap pemilik kendaraan listrik. Mereka berpendapat bahwa kendaraan listrik tidak memperburuk kondisi jalan raya seperti kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil, dan seharusnya tidak dikenakan biaya tambahan.

Selain itu, para pendukung kendaraan listrik mengatakan bahwa pajak bahan bakar adalah pajak yang tidak ramah lingkungan, karena mendorong penggunaan bahan bakar fosil dan merusak lingkungan. Mereka berpendapat bahwa pemerintah seharusnya memberikan insentif kepada pemilik kendaraan listrik, bukan membebani mereka dengan biaya tambahan.

Namun ada lagi usulan jika besaran pajak juga berdasarkan berat dari bobot kendaraan listriknya. Mengapa penting? Menurut Carbuzz, 31 Maret, jika menyangkut efeknya pada jalan raya akan sangat tidak adil jika Hummer EV dengan berat lebih dari 9.000 pound (4 ton) dipajaki jumlah yang sama dengan Chevrolet Bolt terberat hanya berbobot kurang dari 1 ton.

Lalu bagaimana di wilayah California yang ramah EV? Ternyata pemilik mobil listrik juga dikenakan biaya perbaikan jalan 108 dolar AS per tahun. Bahkan, Arkansas lebih ketat, mengenakan biaya perbaikan jalan 200 dolar AS untuk BEV,  100 dolar AS untuk hibrida plug-in, dan 50 dolar AS untuk hibrida reguler. Perlu diketahui, bahwa pemilik plug-in hybrid dan hybrid juga diharuskan membayar pajak bahan bakar standar.