Berusaha Masuk Pasar Mobil Listrik AS, 3 Petinggi VinFast Vietnam Justru Hengkang
Pabrikan mobil asal Vietnam, VinFast. (dok. VinFast)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga petinggi VinFast, meninggalkan perusahaan produsen mobil asal Vietnam itu pada Jumat, 17 Maret 2023.

Adapun ketiganya yaitu Gareth Dunsmore mengundurkan diri dari Deputy CEO, Global Sales and Marketing VinFast, Greg Tebbutt dari Chief Marketing Officer, dan Craig Westbrook dari Service Officer.

Dikutip dari Reuters, Jumat, 17 Maret 2023, VinFast memberikan pernyataan bahwa hengkangnya petinggi tersebut disebabkan perubahan pada jajaran eksekutif tak lama dari tertundanya peluncuran mobil listrik VinFast di Amerika Serikat (AS).

Selain perubahan model manajemen, ketiganya hengkang akibat adanya persyaratan bisnis tertentu.

Ini bukan pertama kalinya dalam kurun waktu kurang dari setahun terakhir petinggi VinFast mengundurkan diri.

Sebelumnya, Emmanuel Bret meninggalkan jabatan Deputy CEO, Global Sales & Marketing pada Juni lalu yang digantikann oleh Dunsmore.

Mantan Engineering General Motors, Huy Chieu yang naik jabatan pada Juni untuk memimpin pengembangan kendaraan listrik VinFast, juga mengundurkan diri pada Desember lalu, sebelum mobil pertama VinFast dikirim ke AS.

VinFast juga memiliki tiga CEO sejak didirikan pada tahun 2017. Pabrikan tersebut merencanakan membangun pabrika di Carolina Utara dan telah mengajukan untuk mencatatkan sahamnya melalui penawaran umum perdana (IPO) di AS.

Perusahaan asal Vietnam tersebut sedang mencari pintu masuk ke industri mobil listrik AS saat pesaingnya, Tesla, menurunkan harga dan bersiap memperkenalkan model terbarunya.