Bagikan:

JAKARTA - Merek mobil listrik asal Vietnam, VinFast mengumumkan akan membuka dealer pertama di Amerika Serikat, di negara bagian yang sama dengan tempat pembangunan pabrik kendaraan listrik. 

Dikutip dari laman Electrek, Jumat, 29 Desember, produsen mobil tersebut bermitra dengan Leith Automotive Group di Carolina Utara untuk mulai menjual mobil listrik sepenuhnya di negara bagian tersebut.

Jaringan dealer tersebut lebih tepatnya berada di Cary Auto Park di Cary, North Carolina , tidak jauh dari pabrik EV di Chatham County, yang akan menawarkan penjualan, perbaikan, pemeliharaan, hingga suku cadang. 

Kepala eksekutif global VinFast mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan tersebut mengubah model distribusinya, yang sebelumnya didasarkan pada model langsung ke konsumen, menjadi apa yang disebutnya model “hybrid” yang mencakup dealer.

Seperti diketahui, VinFast, yang telah mengirimkan sejumlah mobil di California sejak Maret, dan mengungkapkan bahwa mereka telah menerima 70 lamaran dari dealer di AS. Artinya akan semakin banyak jaringan dealer yang akan dibangun. 

Jenama asal Vietnam tersebut juga berencana untuk memboyong berbagai model kendaraan listrik ke AS, setelah merencanakan membawa VF 8 dan VF 9. 

Tak menutup kemungkinan akan membawa minicar listrik yang disebut VF3 yang belum lama meluncurkan, di mana mobil tersebut dibandrol 20.000 dolar AS atau kisaran Rp303 jutaan. Bukan tanpa alasan, sebab pabrik manufaktur VinFast di Carolina Utara diperkirakan akan memproduksi sebanyak 150.000 kendaraan setiap tahunnya setelah selesai dibangun pada tahun 2025.

Tentunya patut ditunggu gebrakan baru dari merek asal Vietnam ini untuk bersaing di pasar luar negri.