Bagikan:

JAKARTA - Usai tampil pertama kali dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2024 pada awal tahun ini, spesifikasi lengkap VinFast VF 3 akhirnya diungkap sebelum tiba di jaringan dealer di pasar Vietnam.

Model VF 3 merupakan salah satu kendaraan listrik (EV) terbaru yang akan diproduksi oleh jenama dari Vietnam, VinFast. Mobil ini juga mampu mencuri perhatian publik berkat desainnya yang lucu dan funky.

Dilansir dari CarBuzz, Senin, 13 Mei, mobil ini memiliki dimensi panjang 3.213 mm, lebar 1.678 mm, dan tinggi 1.620 mm. VinFast menyatakan bahwa dimensi ini cukup proporsional untuk mobilitas perkotaan.

4

Mobil berdimensi imut ini dibekali dengan motor listrik yang dapat memompa tenaga sebesar 43 dk dan torsi 109 Nm tersalurkan ke roda belakang. Menurut VinFast, VF 3 dapat berlari dari 0 ke 50 km/jam dalam 5,3 detik saja.

Didukung oleh baterai lithium-ion berkapasitas 18,64 kWh, mobil ini hanya memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 209 km berdasarkan standar dari NEDC. Selain itu, SUV kecil ini mampu melakukan pengisian daya dari 10 hingga 70 persen dalam 36 menit.

6

Sementara meski ukurannya kecil, kabin VF 3 dapat menampung lima orang karena memiliki ruang interior yang lapang. Bagian dalamnya dilengkapi dengan sistem infotainmen canggih berukuran 10 inci yang terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

VinFast VF 3 juga memiliki kapasitas muatan yang besar untuk menyimpan banyak barang. Dengan melipat kursi baris kedua, ruang kargo belakang dapat menampung hingga 550 liter.

Model ini diperkirakan akan dibanderol murah seharga 12.670 dolar AS (Rp203,2 jutaan) dan 9.445 dolar AS (Rp151,5 jutaan) untuk versi tanpa baterai. Selain itu, pabrikan juga menawarkan paket berlangganan baterai dengan tiga level yang memiliki biaya yang bervariasi tergantung jarak tempuh bulanan.