PeJabat Olimpiade Tegaskan Pentingnya Keselamatan Atlet
Ilustrasi Olimpiade 2020 (Twitter @olympichannel)

Bagikan:

JAKARTA - Pejabat senior Olimpiade John Coates menegaskan, Tokyo harus menggelar Olimpiade musim panas yang disederhanakan tahun depan. Tak lupa ia mengingatkan, kesehatan dan keselamatan para atlet menjadi aspek yang sangat penting.

Coates mengepalai komisi koordinasi Komite Olimpiade Internasional untuk Olimpiade 2020 Tokyo. Event ini ditunda hingga tahun 2021 karena pandemi global COVID-19.

“Kabar baiknya adalah bahwa seluruh 42 venue telah diamankan kembali. Jadwal kompetisi tetap sama,” tulis wakil presiden IOC di Daily Telegraph, Jumat, sehari setelah hitungan mundur satu tahun untuk upacara pembukaan.

“Tetapi kita harus mengurangi dampak biaya dari penundaan serta menyederhanakan pertandingan untuk memastikan mereka dapat diatur secara efisien, aman dan berkelanjutan, dalam konteks baru ini.

“Dengan sisa satu tahun, tidak ada gambaran yang jelas tentang bentuk apa yang akan diambil oleh pertandingan yang disederhanakan. Situasi dengan COVID-19, baik domestik maupun internasional, terus berubah."

Pria asal Australia itu menulis, memberlakukan tindakan balasan terhadap COVID-19 bukanlah tugas yang mudah. Namun, menyambut komitmen tingkat atas dari pemerintah Jepang, pemerintah daerah Tokyo, dan panitia penyelenggara Olimpiade untuk menyelesaikannya.

"IOC dan mitra Jepang kami ... melakukan segala daya mereka untuk memastikan bahwa tidak hanya Olimpiade akan berlangsung tahun depan, tetapi para atlet tetap menjadi yang pertama dan terpenting dalam semua perencanaan kami," tambahnya.

“Ya, kami ingin para atlet dunia memiliki momen kompetisi Olimpiade mereka, seperti yang mereka impikan. Tetapi secara kritis, mereka harus mengalami momen itu di lingkungan di mana kesehatan dan keselamatan mereka ... terjamin."

Coates - yang juga presiden Komite Olimpiade Australia - menambahkan, reaksi atlet negaranya terhadap penundaan itu sangat inspirasional.

"Semua atlet dengan impian Tokyo di hati mereka harus mengalibrasi ulang rencana mereka terhadap suatu pertandingan ... mereka telah menunjukkan ketahanan luar biasa dalam melakukan penyesuaian itu," tulisnya.