Sosok Zinedine Zidane di Mata Eks Rekan Satu Timnya
Zinedine Zidane dan David Beckham (Instagram @zidane)

Bagikan:

JAKARTA - Zinedine Zidane adalah salah satu tokoh yang paling dikenal dalam sepak bola dunia. Kariernya begitu gemerlap ketika masih bermain bersama Juventus dan Real Madrid.

Kesuksesan Zidane berlanjut ketika ia menangani tim utama Los Blancos. Pada periode pertama masa kepelatihannya, Zizou menghadiahi tim ibu kota Spanyol dengan tiga trofi Liga Champions. Ingat, ini cuma sebagian dari banyaknya trofi yang disumbangkan pria keturunan Aljazair itu.

Setelah sempat pamit pada tahun 2018, Zidane kembali bertanggung jawab atas tim utama Real Madrid. Lagi-lagi, mantan pemain tim nasional Prancis ini memberi gelar untuk raksasa Spanyol.

Bagaimana sosok Zidane di mata mantan rekan-rekannya di Juventus dan Real Madrid? Berikut komentar sejumlah pemain yang pernah bermain dengan Zidane seperti dikutip dari MARCA.

Fernando Hierro

"Dia datang dari liga lain, dari (liga yang) memahami sepak bola dengan cara yang berbeda, tetapi begitu dia menyentuh bola, Anda tahu betapa hebatnya dia dan apa yang mampu dia lakukan.

"Zizou tidak menipu siapa pun. Dia adalah apa yang Anda lihat. Dia tidak memiliki sisi lain. 

"Dia datang sebagai orang yang pendiam, pemalu, tetapi karena cara dia dan karena rasa hormat, dia membatasi dirinya dalam pelatihan dan berada bersama rekan satu timnya. Dia seperti itu, transparan.

"Saya ingat keanggunan dan kesederhanaannya."

Paolo Montero

"Tidak mungkin untuk tidak mencintainya. Dia adalah seorang individu dan pemimpin yang rendah hati, paling rendah hati yang saya kenal.

"Dia adalah rekan satu tim papan atas, yang terbaik. Dia membuat hal yang mustahil menjadi mudah."

Walter Samuel

"Gambaran yang saya miliki tentang dia adalah orang yang sangat tenang, berkomitmen pada keluarganya dan dengan kerendahan hati yang begitu besar. 

"Anda pasti belajar dari pemain seperti dia.

"Meskipun bermain dalam permainan yang berbeda posisi, saya juga tertarik untuk menonton bagaimana dia bergerak, bagaimana dia menggiring bola dan selalu bagaimana dia menerima bola di posisi yang baik untuk dapat membuat umpan terakhir yang menentukan."

Alvaro Mejia 

"Saya mendapat hak istimewa bermain dengan Zidane. Pada saat itu, dia adalah pemain terbaik di dunia dan berbagi sesi latihan dengannya luar biasa.

"Setiap hari, ada sesuatu yang baru. Kontrol baru, dribble baru, tembakan baru, sesuatu yang akan mengejutkan Anda. 

"Sungguh menakjubkan menyaksikannya bermain, jadi bayangkan melihatnya setiap hari dalam pelatihan.

"Dia adalah orang yang sangat kompetitif. Sangat tertutup, tetapi kompetitif. Dia suka kemenangan dan dia adalah orang yang sangat rendah hati di luar lapangan. Keseimbangan ini selalu tampak cemerlang bagi saya. 

"Bagi seorang anak muda, itulah saya, memiliki model seperti itu dan melihat bagaimana dia bertindak di dalam dan luar lapangan adalah sesuatu yang Anda fokuskan dan sesuatu yang tetap bersama Anda selama sisa karier olahraga Anda. 

"Itu adalah hak istimewa dan juga impian saya. Kekaguman total saya."

Santiago Solari 

"Dia salah satu tokoh terbesar Real Madrid. Anda tidak dapat memasukkannya ke dalam kata-kata. Ia tidak ada bandingannya. Mari kita tinggalkan dia di sana, dalam kemahsyurannya." 

Alessandro Del Piero

"Selama karier saya, saya bertemu banyak pemain hebat. Bek seperti Paolo Maldini, (Fabio) Cannavaro, (Paolo) Montero, ke posisi depan ada (Filippo) Inzaghi, (Francesco) Totti ... tetapi Zidane adalah yang paling luar biasa dari mereka semua. 

"Zidane mewakili sepak bola murni. Dia menunjukkan hal itu dengan Juve, Real Madrid, dan tim nasionalnya."

David Beckham

"Sesi latihan terakhir Zidane sangat istimewa. 

"Kami sendirian di ruang ganti dan dia duduk di samping saya dan berkata pada saya; 'Terima kasih atas semua yang kau lakukan, karena menjadi rekan satu tim dari tim yang luar biasa."