PSSI Masih Menunggu 'Lampu Hijau' dari Gugus Tugas COVID-19 untuk Lanjutkan Kompetisi
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi Liga 1 akan dilanjutkan pada 1 Oktober mendatang. Persiapan terus dilakukan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), termasuk hal teknis pelaksanaan.

Kompetisi Liga 1 dipastikan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pertandingan juga digelar tanpa penonton. Semua dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan beberapa stakeholder terkait penyelenggaraan lanjutan kompetisi. Semua sepakat untuk melanjutkan kompetisi.

Namun, PSSI masih akan menunggu izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Setiap cabang olahraga yang ingin menggelar kompetisi memang diwajibkan untuk mendapat izin dari gugus tugas.

Ketum PSSI juga menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan buku panduan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan kompetisi di Tanah Air. Buku ini dirumuskan dokter timnas Indonesia berdasarkan referensi dari WHO, FIFA, AFF, Kementerian Kesehatan, Kemenpora dan Bundesliga.

Dalam buku tersebut terdapat panduan pencegahan COVID-19 untuk klub sepak bola. Ada pula panduan kegiatan sebelum, saat dan setelah pertandingan. Semua sudah disiapkan PSSI.

"Nanti sebelum bertanding akan dilakukan rapid test terhadap pemain. Jadi kami pastikan dulu sebelum pertandingan semuannya dalam kondisi clear. Kami akan berkoordinasi lagi dengan PT LIB soal hal ini," kata Iwan Bule.