Pengusaha Indonesia Akuisisi Klub Spanyol, Ini Sikap Kemenpora
Pengumuman akuisisi CD Polillas Ceuta olehBSG disampaikan langsung para petinggi BSG di Jakarta, Rabu kemarin (Foto: Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyambut baik langkah Batavia Sport Group (BSG) yang merupakan kolaborasi Akademi Sepak Bola ASIOP dengan Batavia Pictures. Mereka melakukan akuisisi klub sepak bola asal Spanyol, CD Polillas Ceuta.

BSG mengambil langkah mengakuisisi klub Spanyol tersebut untuk mendukung kemajuan sepak bola di Indonesia. Mereka berkeinginan pemain muda berbakat Tanah Air bisa memiliki tempat untuk berkompetisi dengan level terbaik.

"Sehingga anak-anak bisa menambah jam terbang," kata Direktur Utama BSG, Ade Prima Syarif, dalam laman resmi Kemenpora.

Harapan BSG jelas. Mereka ingin menciptakan pemain nasional yang kompetitif di level internasional. Tentunya, itu akan memberikan jalan kepada pemain muda Indonesia berkarier di Eropa.

"Kami juga akan memberikan beasiswa kepada pemain berbakat dan berprestasi asal Indonesia yang ingin berlatih di CD Polillas Ceuta" ujar Ade Prima.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewabroto, mengapresiasi langkah yang dibuat BSG. Menurutnya, hal ini akan mempermudah untuk pemain muda berbakat Indonesia untuk bisa berkiprah di salah satu liga terbaik di dunia. Meskipun bukan pihak Indonesia yang mengakuisisi klub luar negeri, Sesmenpora menilai tindakan BSG sangat penting.

"Ini memungkinkan talenta-talenta muda bisa menggunakan klub itu untuk berlatih mendapatkan pengalaman lebih jauh, apalagi tadi dikatakan BSG merupakan pengambil keputusan," ujar Gatot.

CD Polillas Ceuta merupakan salah satu akademi sepak bola unggulan di Spanyol. Klub ini berkompetisi di Grup 4, kompetisi U-19 Division De Honor Juvenile yang merupakan kasta tertinggi kompetisi kategori U-19 di Negeri Matador. Dalam kompetisi tersebut ada nama klub besar seperti Sevilla FC, Real Betis, Malaga CF dan Cadiz CF.

Musim ini, CD Polillas Ceuta bakal bersaing dalam level senior.  Tim ini nantinya akan ikut kompetisi Preferente, Divisi IV Spanyol.