Jurgen Klopp Tulis Surat Terbuka, Beri Penghormatan untuk King Kenny dan Stevie G
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (liverpoolfc.com)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk kali pertama, Jürgen Klopp menulis surat terbuka kepada pendukung Liverpool. Pelatih asal Jerman juga memberikan penghormatan kepada dua legenda The Reds.

Dalam surat kabar Liverpool Echo edisi Senin, 29 Juni, Klopp mengaku dirinya ingin berbicara langsung dengan warga Liverpool. Ia merasa perlu melakukan ini karena gelar Liga Premier The Reds yang mereka raih pekan lalu tidak akan terjadi tanpa dukungan para pendukung.

Meski baru tiba di kota kelahiran band The Beatles pada tahun 2015, Klopp mengaku sudah jatuh cinta kepada Liverpool dan masyarakatnya.

"Ini adalah momen luar biasa untuk para pendukung klub yang luar biasa di kota yang luar biasa. Bagi sebagian dari Anda, ini adalah akhir dari penantian panjang Liverpool untuk menjadi juara, tetapi apakah Anda telah menunggu selama 30 tahun atau 30 menit, saya harap Anda menikmati momen ini sebanyak yang Anda layak dapatkan,' tulis mantan juru racik Borussia Dortmund.

Dalam surat tersebut, Klopp juga memberikan penghormatan kepada dua legenda Liverpool, Sir Kenny Dalglish dan Stevan Gerrard. Kata Klopp, King Kenny adalah jiwa klub ini. Pemahamannya tentang apa Liverpool dan apa artinya bagi orang-orang sangat penting bagi semua yang mereka lakukan. 

"Saya melihat betapa bahagianya dia (King Kenny) setelah kami dipastikan sebagai juara pada hari Kamis dan senyumnya sangat berarti bagi saya sehingga saya tidak dapat mengungkapkannya dengan kata-kata," kata Klopp.

Lalu, lanjut sang pelatih, Steven Gerrard adalah kaki Liverpool. Dia membawa klub dalam banyak hal sebagai pemain dan tidak ada orang yang pantas mendapatkan gelar ini lebih dari Stevie G. 

"Bersama dengan Kenny, Steven adalah simbol klub ini dan penting bahwa pada saat seperti ini kita mengingat semua yang dilakukan oleh semua mantan pemain dan mantan manajer kita untuk membantu menempatkan kita pada posisi seperti sekarang ini," Klopp menuturkan.

Kepada para penggemar The Reds, pria kelahiran Stuttgart meminta mereka untuk menahan diri dari perayaan kemenangan yang berlebihan. Pasalnya, pandemi COVID-19 belum sepenuhnya berakhir sehingga sangat berisiko jika perayaan dilakukan di pusat kota apalagi tanpa memenuhi protokol kesehatan. 

"Ketika waktunya tepat, kita akan merayakannya. Kami akan menikmati saat ini dan kami akan mengecat kota dengan warna merah. Tetapi untuk sekarang, silakan tinggal di rumah. Ini bukan waktunya untuk berada di pusat kota dalam jumlah besar atau untuk pergi dekat lapangan sepak bola."

Klopp lantas menegaskan, tidak ada yang membuatnya lebih bangga saat ini selain dukungan dan kesetiaan yang diberikan para pendukung Liverpool dan orang-orang di kota itu yang telah membantu menjadikan The Reds sebagai yang terbaik di Tanah Inggris.

"Ini adalah momen kita. Ini adalah waktu yang istimewa dalam semua kehidupan kami dan Anda adalah orang-orang yang telah menjadikannya mungkin. Anda adalah juara dalam hak Anda sendiri dan kami tidak bisa menunggu sampai kami mendapat kesempatan untuk merayakan apa yang telah Anda raih," pungkas Klopp seraya mengakhiri suratnya dengan menulis judul lagu kebanggaan Liverpool, You'll Never Walk Alone.

Isi lengkap surat terbuka Jurgen Klopp untuk warga Liverpool bisa dibaca di sini.