Euro 2020, Tim Ayam Jantan Sementara Puncaki Grup F
Striker Prancis Antoine Griezmann merayakan gol pertama timnya saat melawan Hungaria dalam pertandingan Grup F EURO 2020 di Puskas Arena di Budapest pada 19 Juni 2021/ Antara (AFP/BERNADETT SZABO)

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan Grup F antara Hongaria dan Perancis dalam penyisihan grup Euro 2020 tidak ada yang menang.

Pertandingan yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Sabtu, 19 Juni waktu setempat berakhir imbang dengan skor 1-1.

Gol pertama dicetak oleh Hongaria setelah Attila Fiola pada menit ke-45+2 membobol gawang Perancis. Atas hal ini, Perancis kemudian bangkit dan berhasil mencetak gol di menit 66 melalui Antoine Griezmann.

Dengan hasil imbang alias seri ini membuat Perancis dengan julukan Tim Ayam Jantan sementara memuncaki Grup F, dengan empat poin dari dua pertandingan. Sementara Hongaria, berhasil menggusur posisi Jerman dan menduduki urutan ketiga.

Grup F sejauh ini membuktikan prediksi banyak orang sebagai grup neraka di turnamen ini. Sebab jelang rangkaian pertandingan penyisihan grup terakhir semua tim penghuninya masih berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Perancis yang berada di puncak klasemen akan menghadapi Portugal di Budapest sebagai ulangan final Euro lima tahun lalu, sedangkan Hongaria bertemu Jerman di Muenchen, pada Rabu, 23 Juni.

Bila mampu mengalahkan Portugal, Perancis bukan saja menuntaskan revans kekalahan di partai final lima tahun lalu, tetapi juga mengunci status juara Grup F.

Tapi Portugal juga bisa melompat jadi juara Grup F jika mengalahkan Prancis dan di laga lain Jerman gagal menang melawan Hongaria.

Jerman akan lolos sebagai juara Grup F jika mengalahkan Hongaria dan di laga lain Prancis imbang atau kalah melawan Portugal.

Hongaria paling optimal hanya bisa lolos sebagai runner-up Grup F jika mengalahkan Jerman dan di laga lain Prancis menang atas Portugal.

Keempat tim masih bisa lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik, tapi peluang itu tentunya akan semakin rumit sebab saat pertandingan terakhir Grup F dimainkan, lima grup lainnya pasti sudah merampungkan laga penyisihan.