Bukan <i>Kaleng-Kaleng</i>, De La Hoya Tantang Mayweather di Atas Ring
Oscar De La Hoya (Instagram @oscardelahoya)

Bagikan:

JAKARTA - Oscar De La Hoya menawarkan rival lamanya Floyd Mayweather sebuah "pertarungan nyata". Golden Boy - julukannya - yang akan melakukan comeback September mendatang, dilaporkan tertarik untuk menghadapi mantan lawannya.

De La Hoya, sekarang berusia 48 tahun, akan kembali ke ring tinju akhir tahun ini. Meskipun belum jelas apakah petinju Meksiko itu akan bertarung secara profesional atau dalam pertarungan eksibisi, ia dilaporkan menganggap serius pertarungan comeback-nya dan berharap untuk bertinju beberapa kali lagi dalam beberapa tahun mendatang.

Menurut Michael Benson dari talkSPORT, De La Hoya berkata, "Biarkan saya terlibat dalam dua pertarungan dan kemudian saya bisa memanggil Mayweather, kalian menonton - dalam pertarungan nyata."

De La Hoya dan Mayweather berhadapan kali pertama pada tahun 2007, dalam pertarungan tinju dengan nilai pendapatan terbesar pada masanya, melebihi 130 juta dolar AS.

Dalam pertarungan tersebut, Mayweather sukses mengandalkan akurasi pukulan dibarengi pertahanan cermat. Berdasarkan catatan, dari 481 pukulan yang dilayangkan Mayweather, 207 di antaranya atau 43 persen mendarat ke tubuh atau wajah De La Hoya.

Sebaliknya, De La Hoya hanya mendaratkan 21 persen atau 122 kali dari 587 pukulan yang dilayangkan.

Mayweather dinobatkan sebagai pemenang setelah mendapat skor unggul dari dua juri yakni Jerry Roth (115-113) dan Chuck Giampa (116-112), meski Tom Kaczmarek memberi skor keunggulan bagi De La Hoya 115-114.

Sementara tanggal pertarungan comeback-nya semakin dekat, De La Hoya belum mengumumkan siapa lawannya. Mantan juara kelas welter UFC Georges St-Pierre didekati untuk menghadapi De La Hoya dan dikabarkan sangat tertarik dengan pertarungan tersebut.

Semoga saja terealisasi sehingga kita bisa lebih cepat melihat De La Hoya bertemu Mayweather lagi dalam pertarungan yang bukan kaleng-kaleng.