Bagikan:

JAKARTA - Freddie Ljungberg memilih untuk menonton film erotis pada malam sebelum pertandingan ketimbang berhubungan seks. Alasannya, ada efek samping yang tidak menguntungkan setelah dia berhubungan badan.

Playmaker pemenang Liga Premier untuk Arsenal itu membuat 75 penampilan untuk Swedia antara tahun 1998 hingga 2008. Dia mengenakan jersey kuning ikonik tim nasionalnya selama Euro 2000 di Belgia dan Belanda.

Namun sayang, dalam turnamen ini, Swedia berada di posisi terbawah Grup B menyusul kekalahan dari tuan rumah di Brussels, hasil imbang dengan Turki dan kembali kalah di tangan Italia.

Pelatih Swedia Tommy Soderberg dan Lars Lagerback memberlakukan aturan 'tidak boleh berhubungan seks' untuk para pemain di hari-hari menjelang turnamen. Dan sesungguhnya, Ljungberg sudah mematuhi aturan itu.

Mantan model Calvin Klein itu mengakui pada saat itu bahwa hubungan seksual membuatnya jauh dari siap untuk pertandingan keesokan harinya. Untuk itu, dia menemukan metode alternatif untuk menghibur dirinya sendiri.

"Setelah berhubungan seks malam sebelum pertandingan, saya kehilangan rasa di kaki saya," kata Ljungberg pada tahun 2000.

"Saya tidak bisa mengontrol bola lagi. Sebaliknya saya menonton film erotis malam sebelumnya. Itu tidak memengaruhi kekuatan saya."

BBC Sport menambahkan, larangan serupa diberlakukan kepada pemain Inggris selama Prancis 1998. Namun, Profesor Todd Astorino yang berbasis di California mengungkap fakta baru terkait peraturan tersebut sebelum Piala Dunia 2018.

"Temuan kami mendukung studi yang menyimpulkan bahwa seks sehari sebelum berolahraga tidak memengaruhi kinerja atletik," kata dia kepada The Sun.

Dia menambahkan, para pemain mungkin “memiliki respons yang lebih baik terhadap stres, dan meningkatkan kesadaran emosional” dengan berhubungan seks sebelum pertandingan.

Sementara itu, bos Manchester City Pep Guardiola menertawakan dugaan larangan seks di klub pada tahun 2016.

"Tidak mungkin kamu bermain bagus jika kamu tidak berhubungan seks dengan pasanganmu!" serunya.

"Saya tidak pernah melakukan itu (melarangnya) dan saya tidak akan pernah melarang itu. Jika Anda melakukannya... itu lebih baik!"

Tanpa larangan seks sebelum pertandingan, City telah memenangkan tiga gelar Liga Premier dalam empat musim dan kalah tipis dari Chelsea di final Liga Champions pada bulan lalu.