Deretan Investasi LeBron James yang Membuatnya Jadi Miliarder
LeBron James (Instagram @kingjames)

Bagikan:

JAKARTA - Status LeBron James jauh melampaui label bintang pebola basket normal. Dia salah satu pemain terbaik sepanjang masa, tetapi apa yang dia lakukan di luar lapangan bisa dibilang lebih mengesankan.

Sepanjang kariernya, James telah menjadi salah satu olahragawan yang paling menguntungkan secara komersial di planet ini. Dia bukanlah atlet biasa, tapi juga pengusaha dan mesin penghasil uang.

Simbol kebesaran Nike

Pada usia 18 tahun, perusahaan alas kaki terbesar mengetuk pintunya, ada Adidas, Reebok dan Nike. James lantas memilih yang terakhir, meskipun tawaran mereka bukan yang terbesar dari ketiganya. Alasan James kala itu,  mengaitkan brand tersebut dengan sejarah dan kemasyhuran.

Nike mungkin merek paling terkenal yang pernah bekerja sama dengan James selama jangka waktu yang lama. Ya, saat ini dia memakai sepatu khasnya yang ke-18. Artinya, sudah 18 tahun James berkarier di NBA.

Pemegang saham utama di banyak perusahaan

James memiliki kesepakatan endorsement dengan AT&T, Pepsi dan Calm. Dia juga memiliki saham besar di sejumlah perusahaan yang telah membantunya menjadi miliarder.

Fenway Sports Group

James dan mitra bisnis jangka panjang Maverick Carter sekarang menjadi pemilik bersama di Boston Red Sox dan juga memiliki saham di Liverpool FC.

SpringHill Entertainment: Industri film

SpringHill Entertainment adalah salah satu yang dimiliki James, dan itu adalah pintu gerbang ke industri film.

Perusahaan ini juga telah memproduksi banyak acara, dan film Space Jam: A New Legacy yang dibintangi oleh James.

Uninterrupted: Perusahaan komunikasi

James sadar bahwa dia ingin mengontrol medianya sendiri. Melaui Uninterrupted, memungkinkan dia untuk menceritakan kisah mereka sendiri, yang dimulai sebagai video media sosial pendek. Slogan mereka, "Lebih dari Seorang Atlet" mengungkapkan banyak hal.

Pizza Blaze

James terjun ke dunia makanan pada tahun 2012 dengan berinvestasi di Pizza Blade.

Ladder

Ini mungkin investasinya yang paling tidak diketahui. Tetapi James dan Mike Mancias bersama-sama menciptakan Ladder, yang merupakan perusahaan nutrisi olahraga. Mereka juga terkait dengan Arnold Schwarzenegger.

Beats by Dre

Investasi James di perusahaan produsen produk audio konsumen Amerika ini terjadi sejak lama, dan James dideskripsikan oleh ESPN menerima "pembayaran tunai terbesar dalam sejarah untuk seorang atlet profesional" ketika dia memperoleh 30 juta dolar AS (Rp434,4) dari penjualan perusahaan ini ke Apple.