Presiden Apresiasi Piala Menpora Taat Prokes, Ini Arahan Jokowi ke Menteri Amali
Pertandingan Piala Menpora 2021/DOK Kemenpora

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengapresiasi penerapan protokol kesehatan yang ketat pada ajang pramusim Piala Menpora 2021. Presiden mengaku puas dengan ajang pertandingan sepakbola yang sudah memasuki babak empat besar itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, Presiden Jokowi memantau gelaran Piala Menpora lewat televisi. Hal itu diketahui Menpora Amali saat bertemu Presiden di Istana Negara, Rabu, 14 April. 

“Pak presiden menonton pertandingan-pertandingan itu (Piala Menpora, red). Saat saya melaporkan kan beliau menyampaikan, ‘ya saya lihat juga di TV pertandingan,” kata Menpora Amali meniru ucapan Presiden dikutip dari keterangan tertulis, Kamis, 15 April.

Menurut Menpora Amali, Jokowi sangat senang lantaran masyarakat pecinta sepakbola Tanah Air mematuhi aturan protokol kesehatan dengan menonton dari rumah, tidak datang berbondong-bondong ke stadion.

“Beliau mengapresiasi bagaimana penggemar, pecinta club, dan suporter sangat patuh terhadap himbauan tidak datang berkerumun ke stadion, tidak nonton bareng dan lain sebagainya,” ujar dia.

Melihat kesuksesan Piala Menpora, Presiden Jokowi memberi arahan kepada Menpora Amali agar mengkaji dan menganalisa soal kemungkinan penonton terbatas saat Liga 1 dan Liga 2 digulirkan usai Lebaran.

“Bapak Presiden meminta kita untuk membuat kajian, analisa. Beliau menyampaikan pada saya coba deh dikaji dan kita akan lihat juga percepatan dari vaksinasi ini. Tentu kita kan hitung betul itu dan beliau memberi arahan pada saya untuk berkomunikasi dengan penyelenggara dalam hal ini PSSI dan LIB,” ungkap Menpora.

Kendati sudah mendapat restu dari Jokowi, Menpora tetap memastikan pihaknya tidak akan gegabah dalam mengeluarkan keputusan terkait kemungkinan penonton terbatas. Sehingga Kepolisian dapat memberikan izin keramaian seperti pada Piala Menpora.

“Bapak presiden sudah membuka peluang itu. Jadi mengkaji ya bukan mengizinkan, tentu saya harus berkomunikasi dengan penyelenggara keamanan untuk hal tersebut,” tuturnya. 

Menpora menambahkan, selain penerapan protokol kesehatan yang ketat, semua pemain dan yang terlibat di Piala Menpora juga telah menjalani vaksinasi. Hal itu sebagai langkah awal untuk persiapan kompetisi.

Akan tetapi, Menpora belum mengetahui apakah Presiden menyempatkan diri menonton final Piala Menpora 2021. Tapi yang pasti, Presiden Jokowi terus mendukung pulihnya kegiatan olahraga di Tanah Air. 

"Saya belum dapat konfirmasi apakah beliau hadir di lapangan atau tidak, karena kita harus maklum kesibukan beliau sangat banyak. Kalau beliau akan datang akan kita siapkan,” pungkas Menpora Amali.