Bagikan:

JAKARTA - Gerardo 'Tata' Martino, mantan pelatih Barcelona, mendukung Vinicius Junior untuk memenangi penghargaan Ballon d'Or.

Vinicius yang kini berusia 24 tahun menikmati musim yang luar biasa di Real Madrid dan.

Dia bersama gelandang Manchester City, Rodri, merupakan kandidat teratas untuk menerima trofi individu terhormat tersebut dalam upacara penobatan pada 29 Oktober 2024 di Paris.

Hanya saja, jika membandingkan siapa yang terbaik di dunia, bukan dihitung per tahun, hati Tata Martino tetap memilih Lionel Messi.

"(Ballon d'Or) tidak pernah menjadi sesuatu yang menarik perhatian saya. Tidak jelas bagi saya apakah penghargaan tersebut untuk yang terbaik di dunia atau tahun ini," kata Martino.

"Vinicius Junior mungkin memiliki kelebihan (menjadi yang terbaik musim lalu). Jika Anda bertanya kepada saya siapa yang terbaik saat ini, itu adalah Messi," ujarnya lagi.

Pelatih Inter Miami itu mendukung Vinicius bukan tanpa alasan. Pemain asal Brasil itu mencetak 24 gol dan 11 assist di semua ajang untuk Real Madrid, termasuk gol kedua timnya dalam kemenangan final Liga Champions musim lalu melawan Borussia Dortmund.

Sementara itu, Messi yang kini berusia 37 tahun tidak masuk dalam nominasi untuk penghargaan tersebut untuk pertama kalinya sejak 2003.

Kapten Argentina tersebut telah memenangi Ballon d'Or sebanyak delapan kali dalam kariernya.

Tak heran, bek veteran Miami, Jordi Alba, terkejut mantan rekan setimnya di Barcelona tersebut tidak dipertimbangkan untuk penghargaan tahun ini.

"Saya tidak pernah terlalu mementingkan Ballon d'Or, tetapi bagi saya Leo harus selalu ada di sana."

"Ia terus membuat perbedaan, ia adalah yang terbaik di dunia tanpa diragukan lagi saat berada di level tertinggi," kata Alba seperti dilansir ESPN.

Messi termasuk di antara finalis untuk penghargaan MVP Major League Soccer musim ini.

Ia dianggap sebagai kandidat utama setelah mencetak 20 gol dan 16 assist hanya dalam 19 pertandingan.