Bagikan:

JAKARTA - Liverpool mencetak rekor meraih 11 kemenangan dari 12 laga di berbagai ajang saat mengalahkan RB Leipzig 1-0. Meski demikian, Manajer Arne Slot mengaku beruntung bisa menang pada pertandingan Liga Champions yang digelar di kandang Leipzig, Stadion Red Bull Arena, Kamis, 24 Oktober 2024, dini hari WIB.

Liverpool menjadi salah satu dari dua tim yang meraih poin sempurna pada tiga pertandingan pertama Liga Champions. Tim lain, menariknya, Aston Villa, yang memiliki selisih gol lebih baik sehingga bertengger di puncak klasemen. Sementara, Liverpool menduduki posisi kedua. Hebatnya, mereka merupakan dua tim Premier League Inggris.

Dominasi tim Liga Inggris di delapan besar Liga Champions kian kuat karena peringkat ketiga diduduki Manchester City. Disusul tim-tim lain seperti Monaco, Brest, Bayer Leverkusen, Inter Milan, dan Sporting CP.

Liverpool juga menorehkan rekor selalu memetik kemenangan selama enam pertandingan tandang di berbagai ajang. Tak hanya itu, Slot yang menggantikan Juergen Klopp sukses membawa The Reds meraih 11 kemenangan dari 12 pertandingan pertama di berbagai ajang musim ini. Pencapaian Slot mengungguli para manajer legendaris Liverpool, seperti Bill Shankly, Bob Pasley, Kenny Dalglish, hingga Klopp.

Keberhasilan Liverpool mengalahkan Leipzig tidak terlepas dari peran penting dua pemain cadangan, striker Darwin Nunez dan kiper Caoimhin Kelleher. Nunez menggantikan Diogo Jota yang absen karena mengalami cedera.

Demikian pula Kelleher yang menggantikan kiper utama Alisson Becker yang cedera hamstring. Bahkan, Alisson sudah tidak memperkuat Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol.

Nunez sukses mencetak satu-satunya gol di laga tersebut. Striker tim nasional Uruguay ini meneruskan sundulan Mohamed Salah yang sesungguhnya sudah meluncur ke gawang Leipzig.

Sementara Kelleher menunjukkan performa terbaik saat berdiri di bawah mistar. Dirinya melakukan sejumlah penyelamatan. Namun, dua penyelamatan gemilang Kelleher yang sudah nyaris gol pada menit-menit terakhir yang menjadikan Liverpool membawa pulang tiga poin.

"Kami memang beruntung," kata Slot menanggapi kesulitan yang dihadapi Liverpool mengalahkan Leipzig. Dia juga mengapresiasi pemain pelapis yang menunjukkan penampilan gemilang.

"Yang jelas hal yang biasa di klub seperti Liverpool bila memiliki dua pemain bagus di setiap posisi," ujarnya.

"Kami senang karena punya dua kiper yang ekselen. Tidak hanya dia, tetapi pemain lain yang selama ini jarang bermain atau menjadi starter juga menunjukkan penampilan terbaik di pertandingan ini," ucap eks pelatih Feyenoord ini.

"Apa yang saya sukai dari Darwin karena dia pemain yang kuat dengan penguasaan bola yang sangat bagus. Dia juga fight saat bertahan."

"Dia benar-benar menyulitkan dua bek tengah Leipzig. Lalu dia juga mencetak gol. Hal yang menyenangkan bila striker bisa mencetak gol," kata Slot lagi.

Menanggapi kemenangan tersebut, Slot mengakui tim sesungguhnya menguasai permainan. Hanya, Liverpool mengalami kesulitan menghadapi lawannya.

"Kami puas dengan kemenangan ini. Apalagi kami berhasil meraihnya di pertandingan tandang yang tidak mudah dengan format satu grup ini."

"Kami bisa menguasai permainan di luar 15 menit terakhir. Saat itu kami sepenuhnya mengandalkan dua bek tengah. Selain itu, kiper kami melakukan sejumlah penyelamatan gemilang," ujar Slot.

Menurut Slot, dengan menunjukkan dominasi atas tuan rumah, Liverpool bakal rugi besar bila pertandingan berakhir imbang.

"Bila kami bermain imbang, saya merasa seperti mengalami kekalahan," ucap dia.

Usai menghadapi Leipzig, The Reds melakoni laga tandang yang tidak kalah sulit. Mereka menghadapi tuan rumah Arsenal di Stadion Emirates, Minggu, 27 Oktober 2024, malam WIB.

Arsenal sendiri menduduki peringkat ketiga Liga Inggris dan memiliki 17 poin. Mereka masih terpaut empat poin dengan Liverpool yang bertengger di puncak klasemen.