Bagikan:

JAKARTA - Setelah kekalahan menyakitkan di Premier League, Arsenal berharap tidak mengalami nasib serupa saat menjamu Shakhtar Donetsk di Stadion Emirates, London, dalam lanjutan Liga Champions pada Selasa malam, 22 Oktober atau Rabu dini hari WIB.

The Gunners telah mengumpulkan empat poin dari dua pertandingan awal mereka di fase grup musim ini, sementara Shakhtar Donetsk saat ini berada di luar 24 besar dalam klasemen fase liga.

Arsenal mengalami akhir pekan yang pahit saat kekalahan 0-2 dari Bournemouth di Premier League. William Saliba menerima kartu merah setelah melakukan pelanggaran sebagai pemain terakhir, sementara gol dari Ryan Christie dan penalti Justin Kluivert memastikan kekalahan Arsenal. Kesempatan untuk sementara memuncaki klasemen Premier League pun sirna, meskipun Arsenal memiliki peluang untuk bangkit sebelum menghadapi laga besar melawan Liverpool akhir pekan nanti.

Di Liga Champions, Arsenal telah menunjukkan permainan yang cukup solid. Setelah bermain imbang 0-0 melawan Atalanta pada pertandingan pertama, Arsenal mengamankan kemenangan 2-0 atas Paris Saint-Germain. Gol dari Kai Havertz dan Bukayo Saka, memanfaatkan kesalahan kiper PSG, Gianluigi Donnarumma, memastikan kemenangan mereka.

Saat ini Arsenal berada di posisi ke-13 dalam klasemen fase grup, dan mereka berpeluang mencatatkan tiga clean sheet beruntun di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2007. Mereka juga belum terkalahkan di fase grup Liga Champions di kandang sejak September 2015.

Sementara itu, Shakhtar Donetsk menghadapi kekalahan berat 0-3 dari Atalanta pada pertandingan sebelumnya, di mana Ademola Lookman tampil gemilang dengan satu gol dan satu assist. Setelah hasil imbang tanpa gol melawan Bologna di laga pembuka, Shakhtar masih mencari gol pertama mereka di Liga Champions musim ini.

Meski demikian, Shakhtar berhasil meraih dua kemenangan beruntun di Liga Ukraina dengan kemenangan 5-1 atas LNZ Cherkasy dan 1-0 melawan Kolos Kovalivka. Namun, performa mereka yang tidak konsisten membuat mereka hanya berada di posisi keempat di klasemen liga domestik.

Dalam dua kunjungan sebelumnya ke Emirates, Shakhtar selalu kalah, termasuk kekalahan telak 1-5 pada tahun 2010.

Arsenal kemungkinan besar masih harus bermain tanpa Bukayo Saka, yang diragukan tampil akibat cedera hamstring. Jurrien Timber juga masih mengalami masalah otot, sementara Martin Odegaard, Takehiro Tomiyasu, dan Kieran Tierney dipastikan absen.

Saliba, yang diusir keluar lapangan saat melawan Bournemouth, tetap bisa dimainkan di Liga Champions, namun Mikel Arteta kemungkinan akan merotasi beberapa pemain menjelang laga melawan Liverpool.

Di kubu Shakhtar, mereka diperkirakan akan datang dengan kekuatan penuh. Satu-satunya pemain yang absen adalah penjaga gawang cadangan, Tymur Puzankov, yang masih dalam pemulihan dari cedera ACL.

Georgiy Sudakov, bintang utama Shakhtar, akan menjadi sosok kunci dalam pertandingan ini dengan performa impresifnya di liga domestik, mencetak tujuh gol dan dua assist dalam sembilan pertandingan.

Prakiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3):

Raya; White, Saliba, Gabriel, Zinchenko; Havertz, Rice, Merino; Sterling, Jesus, Trossard.

Shakhtar Donetsk (4-1-4-1):

Riznyk; Konoplya, Bondar, Matvienko, Henrique; Stepanenko; Zubkov, Bondarenko, Sudakov, Newerton; Sikan.