Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia melawat ke markas China, Qingdao Youth Football Stadium, pada Selasa, 15 Oktober 2024, pukul 19.00 WIB, di laga keempat Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bila menilik posisi klasemen, Skuad Garuda memang lebih baik. Anak asuh Shin Tae-yong ada di peringkat keempat dengan tiga poin dari tiga laga.

Sementara China terpuruk di dasar klasemen tanpa poin dari jumlah pertandingan yang sama.

Meski demikian, Shin Tae-yong enggan meremehkan Dragon Team. Dia begitu mewaspadai kebangkitan dan kualitas China.

Tak ayal, pelatih 54 tahun tersebut menyebut peluang kedua tim seimbang untuk meraih kemenangan.

Karena itu, Shin Tae-yong perlu memastikan pasukannya tampil terbaik demi hasil maksimal. Ia menekankan penggawa Timnas Indonesia untuk memaksimalkan peluang sekecil apa pun dan fokus sampai akhir laga.

"Kedua tim memiliki peluang yang seimbang, 50-50. Hasil pertandingan besok akan sangat tergantung pada siapa yang mampu memaksimalkan peluang dan mencetak gol lebih banyak," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers pada Senin, 14 Oktober 2024.

Shin Tae-yong sangat yakin anak didiknya akan bermain habis-habisan melawan China. Hasil seri 2-2 kontra Bahrain di laga sebelumnya membuat Skuad Garuda terlecut untuk meraih kemenangan perdana di kualifikasi.

Soalnya, pada laga 10 Oktober 2024 itu, sebetulnya kemenangan Indonesia sudah di depan mata.

Namun, wasit Ahmed Al Kaf membuat keputusan kontroversial hingga akhirnya Bahrain bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-90+9.

"Kami tiba di Qingdao dari Bahrain dengan semangat dan keberanian tinggi. Kami berharap dapat memberikan yang terbaik dan meraih hasil positif," ujar Shin Tae-yong lagi.

Timnas Indonesia butuh pembuktian bahwa kemenangan sudah waktunya tiba saat melawan China. Pasalnya, pada dua laga awal Skuad Garuda sudah sanggup bermain sangat baik menahan seri dua raksasa, Arab Saudi dan Australia.