Bagikan:

JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyatakan bakal meninjau kinerja wasit asal Oman, Ahmed Abu Bakar Al Kaf. Hal ini menyusul laporan yang diajukan PSSI selepas laga Bahrain vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Al Kaf disorot atas kepemimpinannya yang kontroversial di laga Bahrain vs Indonesia pada Kamis, 10 Oktober 2024. Momen yang mencuri perhatian adalah ketika Bahrain mencetak gol penyama kedudukan 2-2.

Gol itu dicetak Mohamed Jasim Mohamed Ali Abdulla Marhoon pada menit ke-90+9. Padahal, saat itu Al Kaf cuma memberikan tambahan waktu enam menit.

Keputusannya untuk tidak meniup peluit panjang meski tambahan waktu sudah habis membuat Indonesia meradang hingga menyulut keributan di akhir laga.

Sekjen AFC, Datuk Seri Windsor John, menegaskan semua laporan wasit harus dipertanggungjawabkan. Termasuk laporan wasit Bahrain vs Indonesia soal alasan menambah waktu pada masa injury time.

"VAR memantau semua keputusan wasit. Mereka harus membuktikannya (jika ada keluhan)," kata Windsor John, dilansir New Straits Times Online pada Senin, 14 Oktober 2024.

"Meski ofisial pertandingan tidak mengomentari penampilan mereka secara terbuka, mereka diharuskan memberikan laporan detail kepada FIFA," kata Windsor John.

Selain itu, Windsor John juga mengakui Asia memang kekurangan wasit berkualitas saat ini. Ia mengatakan hal itu di tengah kontroversi Ahmed Abu Bakar Al Kaf.

"Kami membutuhkan lebih banyak wasit berkualitas dari wilayah ini. Saat ini, Nazmi Nasaruddin dari Malaysia adalah salah satu dari sedikit wasit terkemuka," ungkap Windsor John.