Bagikan:

JAKARTA - Laga Hoffenheim saat menghadapi Dynamo Kyiv menjadi ujian bagi pelatih Pellegrino Matarazzo. Hoffeinheim wajib menang dalam laga di Stadion PreZero Arena, Kamis. 3 Oktober 2024 malam WIB. bila Matarazzo tak ingin dipecat.

Hasil buruk Hoffenheim menjadikan Matarazzo sebagai sorotan. Bagaimana tidak, Hoffenheim mengalami penurunan setelah meraih prestasi cukup mengesankan di kompetisi Bundesliga Jerman musim lalu. Mereka finis di peringkat tujuh yang merupakan posisi tertinggi sejak 2020.

Keberhasilan menempati posisi itu meloloskan Hoffenheim ke Liga Europa. Pasalnya musim ini Bundesliga mendapat jatah lima tim ke Liga Champions. Dengan demikian tim yang menduduki peringkat enam dan tujuh bisa berkompetisi di kasta kedua Eropa.

Performa yang cukup mengesankan ini menjadikan Hoffenheim tampak optimistis menghadapi kompetisi musim anyar. Hanya saja, Die Kraichgauer melakukan start buruk.

Mereka hanya memetik satu kemenangan saat melawan tim promosi Holstein Kiel dari lima pertandingan Bundesliga. Buntutnya, Hoffenheim menduduki peringkat 16 dan berada di zona degradasi.

Terakhir, Tom Bischof dkk yang bermain di kandang sendiri harus mengakui keunggulan Werder Bremen 4-3. Di laga itu, Hoffenheim sudah unggul 3-0. Namun, Bremen mampu megejar ketinggalan dan berbalik menang. Kekalahan tersebut menjadikan posisi Matarazzo terancam diberhentikan.

Pasalnya sudah beredar sejumlah nama yang akan menggantikannya. Mantan pelatih Schalke David Wagner menjadi kandidat kuat menggantikannya.

Bahkan Wagner yang pernah mengarsiteki Norwich City tetapi kemudian dipecat karena gagal membawa promosi ke Premier League Inggris ini sempat datang ke stadion menyaksikan pertandingan Hoffenheim.

Selain Wagner ada Sandro Wagner yang saat ini menjadi asisten pelatih tim nasional Jerman. Pelatih yang menjadi kandidat berikutnya adalah mantan bek Bayern Munchen, Martin Demichelis.

Matarazzo tampaknya tengah menduduki kursi panas. Apalagi, performa tim di Liga Europa pun tak meyakinkan. Saat mengawali pertarungan di kompetisi Eropa, mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan FC Midtjylland. Hoffenheim nyaris tumbang sebelum diselamatkan Max Moerstedt yang mencetak gol di menit terakhir.

Hoffenheim harus bangkit bila tak ingin gagal lagi. Hanya, pelatih asal Amerika Serikat yang sudah menetap di Jerman sejak 2000 ini harus kehilangan enam pemain terbaik karena mengalami cedera, termasuk top skor Andrej Kramaric yang diragukan tampil.

Kramaric belum sepenuhnya fit sehingga kemungkinan masih harus menepi. Selain Kramaric, Hoffenheim tidak bisa diperkuat David Jurasek, Finn Becker, Grischa Promel, Ihlas Bebou dan Ozan Kabak.

Sementara, Dynamo berharap bangkit setelah menelan kekalahan telak 3-0 dari Lazio di laga pertama Liga Europa. Usai hasil buruk itu, tim elite Ukraina tersebut langsung menghajar FC Livyy Bereh 3-0 di kompetisi domestik.

Dynamo sesungguhnya lolos ke Liga Champions sebagai juara Liga Ukraina. Hanya, mereka harus melakoni play-off dan kalah agregat 3-1 lawan RB Leipzig.

Di laga melawan Hoffenheim, pelatih Oleksandr Shovkovskyi kehilangan sebagian besar pemain pilar, termasuk Maksym Bragaru yang mendapat kartu merah saat melawan Lazio.

Selain itu, Dynamo kehilangan Matviy Ponomarenko, Mykola Mykhaylenko, Nazar Voloshyn, Vladimir Shepelev dan Brayan Ceballos yang mengalami cedera.

Prakiraan Susunan Pemain

Hoffenheim (3-4-1-2): Baumann; Akpoguma, Grillitsch, N'Soki; Kaderabek, Tohumcu, Bischof, Prass; Hlozek; Berisha, Bulter

Dynamo Kyiv (4-2-3-1): Bushchan; Karavayev, Popov, Mykhavko, Vivcharenko; Brazhko, Rubchynskyi; Yarmolenko, Buyalskyi, Voloshyn; Guerrero