Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid meraih kemenangan penting 3-2 atas Deportivo Alaves di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu, 25 September 2024 dini hari WIB. Kemenangan ini menjadi modal berharga sekaligus pemanasan Kylian Mbappe dkk sebelum melakoni Madrid Derby melawan Atletico Madrid.

Madrid sudah menunggu El Derbi Madrileno. Salah satu laga bergengsi Madrid selain el Clasico saat berhadapan dengan rival bebuyutan Barcelona.

Sebelum melakoni derby di kandang Atletico di Stadion Metropolitano, Senin, 30 September 2024 dini hari WIB, Madrid melakukan pemanasan dengan hasil memuaskan. Tim asuhan Carlo Ancelotti memetik kemenangan lima dari tujuh pertandingan di kompetisi domestik.

Raihan tiga poin itu menjadikan Madrid memangkas jarak poin dengan pimpinan klasemen Barcelona. Kini, Madrid yang menduduki peringkat dua mengantungi pon 17. Mereka masih terpaut satu poin dengan Barca yang meraih poin sempurna selama enam laga pertama liga.

Bila menang lawan Getafe dalam duel di kandang sendiri, Kamis, 26 September 2024 dini har WIB, Barca bakal menjauh dari kejaran Madrid.

Sementara, Alaves tertahan di peringkat delapan klasemen La Liga. Mereka memiliki poin 10 dan menelan kekalahan ketiga di musim ini.

Dalam laga itu, Madrid dipimpin kapten Lucas Vasquez. Bek senior ini menggantikan tugas Dani Carvajal yang terpaksa menepi setelah mengalami cedera saat menang lawan Espanyol.

Kebetulan lagi, gelandang Luka Modric yang juga kerap mendapat tanggung jawab sebagai kapten dibangkucadangkan. Ancelotti pun menetapkan Vasquez menjadi kapten di laga tersebut.

Dengan ban kapten melilit di lengannya, Vasquez memang tampil penuh semangat. Hasilnya, bek berusia 33 yang menghabiskan kariernya di Los Merengues ini langsung membobol gawang Alaves saat laga baru berjalan satu menit.

Gol berawal saat gelandang Federico Valverde memberikan bola kepada Vinicius Junior. Pemain sayap tim nasional Brasil ini kemudian melepaskan umpan silang yang disambut oleh Vasquez. Dirinya langsung membobol gawang lawan lewat sepakan dari jarak dekat.

Unggul 1-0 lewat gol cepat itu menjadikan Madrid kian bersemangat menekan pertahanan Alaves. Apalagi, Ancelotti sudah meminta pemain agar bisa mencetak lebih dari satu gol di babak pertama. Ancelotti yang melakoni laga ke-300 bersama Madrid ini mengakui tim kerap kesulitan mencetak gol selama 45 menit pertama.

Hanya saja, Madrid baru bisa menambah gol menjelang turun minum. Mbappe kembali menunjukkan ketajamannya setelah mencetak gol lewat kerjasama yang apik dengan Jude Bellingham di menit 40.

Berawal dari kerjasama satu dua Mbappe dengan Bellingham. Mbappe kemudian menunjukkan aksi individu saat mengecoh pemain Alaves sebelum mencetak gol kelimanya bersama Madrid.

Skor berubah menjadi 2-0 untuk Madrid. Tidak ada tambahan gol. Apalagi Alaves memang kesulitan mendekati gawang Thibaut Courtois. Skor itu bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Madrid tak menurunkan tempo permainan. Mereka pun kembali mencetak gol cepat lewat Rodrygo. Dirinya sukses menaklukkan kiper Antonio Sivera di menit 48.

Hanya setelah unggul 3-0, serangan Madrid mengalami penurunan. Meski sempat mendapat peluang memperbesar keunggulan melalui Endrick yang tendangannya membentur tiang gawang, namun Los Blancos tak lagi menambah gol.

Sebaliknya, Alaves mulai bisa keluar dari tekanan. Namun mereka harus bekerja keras menembus pertahanan Madrid. Usaha Alaves memang tidak sia-sia. Tim tamu akhirnya memperkecil ketinggalan saat Carlos Protesoni mencetak gol di menit 85.

Gol itu sempat menaikkan semangat pemain Alaves. Bahkan hanya berselang satu menit, mereka sudah bisa menambah gol yang membuat Madrid sedikit waswas.

Lagi-lagi Protesoni berperan dalam proses terciptanya gol kedua Alaves. Umpan dia diselesaikan dengan baik oleh Kike Garcia.

Skor berubah menjadi 3-2. Alaves pun berusaha menambah satu gol demi mencuri poin di kandang Madrid. Namun usaha itu tak kesampaian. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.