Bagikan:

YOGYAKARTA - IshowSpeed yang merupakan seorang YouTuber asal Amerika Serikat, berhasil menggemparkan jagat media sosial Indonesia. Lantas mengapa Ishowspeed terkenal di Indonesia?

Kunjungannya ke berbagai kota di Tanah Air tidak hanya menarik perhatian penggemarnya, tetapi juga menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat luas.

Fenomena IShowSpeed ini memunculkan pertanyaan: Apa yang membuat seorang YouTuber asing seperti IshowSpeed bisa sepopuler ini di Indonesia?

Kunjungan iShowSpeed di Asia

Tur iShowSpeed di Asia Tenggara tentu saja penuh peristiwa. Di tengah kerumunan penonton yang bersemangat dan aksi-aksi yang heboh, kreator yang lahir dengan nama Darren Watkins, Jr. ini telah mencapai jumlah penonton terbanyak di saluran YouTube-nya.

Menariknya, siaran langsungnya dari Indonesia telah menjadi hits terbesar dalam perjalanannya di Asia sejauh ini: Pada puncaknya, streaming tersebut menarik lebih dari satu juta penonton secara bersamaan.

Selama perjalanannya di Thailand, Watkins mencetak rekor pribadi baru dengan lebih dari 600.000 penonton bersamaan. Kemudian penontonnya di Indonesia bisa melampaui dari jumlah itu.

Karena rekornta, Watkins kemudian terharu hingga menangis setelah penontonnya melampaui satu juta penonton bersamaan. "Ya Tuhan, itu benar-benar satu juta," katanya. "Terima kasih Indonesia!"

Kunjungan iShowSpeed di Asia memecahkan rekor (x)

Mengapa Ishowspeed Terkenal di Indonesia?

Jika ada satu negara di dunia yang akan menjadi tempat bagi Watkins untuk membuat siaran yang memecahkan rekor, maka Indonesia selalu menjadi kandidat yang sangat memungkinkan.

Indonesia yang menjadi negara dengan populasi terbesar keempat di dunia ini merupakan sarang konten kreator, terutama pada platform berdurasi pendek seperti TikTok.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Tips Menjaga Privasi Akun di Aplikasi TikTok

Indonesia sendiri menjadi sasaran para konten kreator. Dilansir dari Tubefilter, kreator YouTube Shorts Indonesia seperti Virola_Chan muncul di antara 50 saluran yang paling banyak ditonton di YouTube.

Menariknya, kontribusi Watkins terhadap ekonomi kreator Asia Tenggara sangat mengesankan. Meskipun demikian, capaian satu juta penonton bersamaan tidak cukup untuk mengklaim gelar streaming yang paling banyak ditonton dalam sejarah YouTube.

Namun keistimewaan rekor penonton diberikan kepada badan antariksa nasional India, yang menyiarkan pendaratan di bulan kepada lebih dari delapan juta penonton bersamaan.

Sementara itu, di Twitch, pemegang rekor yang setara saat ini adalah streamer Spanyol Ibai Llanos, yang mendatangkan 3,85 juta penonton bersamaan untuk edisi keempat acara tinju influencernya La Velada del Año.

Meskipun Watkins tidak memecahkan salah satu rekor dunia tersebut, turnya membuktikan bahwa ia adalah bintang bertaraf internasional. Hal tersebut sekaligus yang membuatnya digemari masyarat Indonesia.

Selain itu, mungkin Watkins terdongkrak oleh hubungannya dengan nama terkenal dunia lainnya, legenda sepak bola Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal itu mencetak rekor di YouTube segera setelah ia muncul di platform tersebut.

Watkins, yang merupakan penggemar berat Ronaldo, memanfaatkan status selebritas sang striker untuk mengangkat profilnya sendiri.

Akankah bintang Watkins terus bersinar saat ia mengakhiri kiprahnya di Asia Tenggara? Sejauh ini, ada suka duka (kerumunan besar, tarian tradisional) dan duka (kecelakaan sepeda motor, penipuan dari penduduk setempat).

Selain itu, mungkin akan ada lebih banyak kegilaan yang akan terjadi saat Watkins membawa pertunjukannya ke negara lainnya. Namun bisa jadi yang dilakukan oleh Watkins akan menjadi pelanggaran aturan di negara dengan aturan yang ketat.

Selain mengapa ishowspeed terkenal di indonesia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!