Bagikan:

Timnas Indonesia Bakal Sewa Pesawat dari Bahrain ke China

JAKARTA – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan Timnas Indonesia bakal menyewa pesawat dari Bahrain menuju China untuk pertandingan lanjutan kualifikasi putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pasukan Garuda dijadwalkan akan menjalani dua pertandingan kualifikasi lanjutan bulan depan. Dimulai dari melawan Bahrain pada 10 Oktober dan dilanjutkan melawan China pada 15 Oktober.

Erick mengatakan bahwa Timnas Indonesia nanti akan bertolak dengan pesawat komersil menuju Bahrain, tetapi harus melanjutkan perjalanan ke China dengan pesawat sewaan karena mepetnya waktu.

"Untuk penerbangan dari Bahrain ke China bukan sebuah kemewahan, tetapi bagian dari memberikan investasi pemain tidak tergelut cedera. Cedera itu tidak hanya terjadi di pertandingan, di luar itu juga bisa," ujar dia di Jakarta, Sabtu, 21 September.

Indonesia sebelum ini telah menjalankan dua pertandingan kualifikasi, masing-masing melawan Arab Saudi dan Australia. Skuad Garuda berhasil menahan imbang kedua negara itu untuk mendapat dua poin.

Erick mengatakan bahwa Indonesia ditargetkan kembali mendapat poin saat tandang ke Bahrain dan China. Akan tetapi, sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu menolak untuk menyepelekan kekuatan dari kedua negara tersebut.

"Kita tidak menganggap remeh China dan Bahrain mereka juga tim yang bagus, tetapi kita berharap bisa mendapat poin tiga di salah satu atau dua-duanya," kata Erick.

Saat ini PSSI tengah mengupayakan naturalisasi dua pemain baru, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Kedua nama tersebut tinggal mengambil sumpah untuk mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI).

Rencananya sumpah tersebut akan dilakukan di Belanda, tempat kedua pemain bermain. Langkah ini diambil guna mempercepat status mereka agar bisa membela Indonesia di agenda Bahrain dan China itu.

Pada saat ini Indonesia masih duduk di posisi keempat Grup C kualifikasi putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia dengan dua poin. Untuk bisa lolos langsung ke Piala Dunia 2026 maka Indonesia harus menyelesaikan putaran ini di dua tempat teratas.

Seandainya itu tidak terwujud maka skuad Garuda perlu mengamankan tempat ketiga dan keempat klasemen akhir agar maju ke kualifikasi putaran keempat.