Bagikan:

YOGYAKARTA - Eko Agus Sugiharto adalah seorang wasit sepak bola yang kini tengah menjadi pusat perhatian publik usai memimpin pertandingan antara Aceh dan Sulawesi Tengah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. Berikut ini profil Eko Agus Sugiharto.

Perlu diketahui, Eko Agus Sugiharto memimpin pertandingan perempat final PON 2024 pada Sabtu, 14 September 2024. Pada laga yang berlangsung di Stadion Dimurthala, Banda Aceh, tersebut Eko Agus Sugiharto menuai banyak kontroversi.

Perlu diketahui, tensi tinggi mewarnai laga perempat final sepak bola PON XXI Aceh-Sumut 2024 antara Aceh vs Sulawesi Tengah. Pertandingan harus dihentikan sementara akibat insiden pemukulan wasit oleh seorang pemain Sulawesi Tengah.

Kejadian ini terjadi menjelang berakhirnya pertandingan ketika wasit memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah Aceh. Tidak terima dengan keputusan wasit, pemain Sulawesi Tengah, Muhammad Rizki, kemudian melakukan tindakan tidak terpuji dengan memukul wasit Eko Agus Sugiharto.

Profil Eko Agus Sugiharto

  • Wasit Berlisensi

Bukan sembarang wasit, Eko Agus Sugiharto adalah seorang wasit berlisensi A Nasional yang berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan.

Pengalaman Eko dalam dunia perwasitan ternyata sudah meluas ke berbagai tingkat kompetisi sepak bola nasional.

  • Guru Olahraga

Menariknya, selain berprofesi sebagai wasit, Eko juga bekerja sebagai guru olahraga di SMPN 2 Belitang Jaya, OKU Timur. Kemampuan Eko dalam memimpin pertandingan seringkali dipuji, sekaligus menunjukkan keahliannya sebagai wasit berpengalaman di lapangan.

  • Alumni STKIP Dharma Wacana

Berdasarkan data dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kemendikbud Ristek, Eko Agus Sugiharto merupakan lulusan STKIP Dharma Wacana dengan gelar Sarjana Pendidikan dari Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

  • Aktif Menjadi Wasit

Eko Agus yang kini berusia 39 tahun terakhir kali aktif sebagai wasit dalam kompetisi Liga 2 Indonesia musim 2022/2023.

Pada 5 September 2022, Eko tercatat memimpin pertandingan antara PSCS Cilacap vs Persipa Pati yang berakhir dengan skor imbang 1-1. Baru lima hari kemudian, dia kembali bertugas pada laga PSMS Medan melawan Karo United FC yang berakhir dengan skor 1-0.

  • Keputusan Kontroversial

Namun, insiden dalam pertandingan antara Aceh vs Sulawesi Tengah telah menjadi noda dalam karier Eko Agus Sugiharto. Keputusannya selama laga tersebut menimbulkan kontroversi yang masih diperdebatkan oleh penggemar sepak bola dan pihak terkait.

Salah satu keputusan yang paling dipertanyakan adalah pemberian penalti pada menit-menit akhir pertandingan, yang kemudian memicu aksi kekerasan oleh Muhammad Rizki.

Eko Agus Sugiharto banyak mendapat kritikan (Siaran Bola Live - X)
  • Mendapatkan Perhatian DPR

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Komisi X telah meminta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan seluruh pihak terkait untuk melakukan penyelidikan mendalam terhadap insiden kekerasan terhadap Eko Agus.

Komisi X mendorong dilakukannya investigasi khusus terkait insiden pemukulan wasit pada pertandingan yang mempertemukan tim dari Nanggroe Aceh Darussalam dan Sulawesi Tengah tersebut.

Lebih lengkapnya, baca juga artikel yang membahas Soroti Kontroversi Wasit di PON XXI, DPR Minta Pihak Penyelenggara Dievaluasi Total

  • Kinerja Wasit Menjadi Sorotan

Anggota Komisi X DPR mendesak agar pelaku pelanggaran dalam pertandingan sepak bola antara Aceh vs Sulawesi Tengah dijatuhi sanksi berat. Selain itu, mereka meminta dilakukan investigasi mendalam terhadap kinerja wasit dalam laga tersebut.

Menurut Komisi X, investigasi ini tidak hanya terbatas pada insiden pemukulan, tetapi juga harus menyelidiki faktor-faktor yang memicu terjadinya kekerasan tersebut.

Selain profil Eko Agus Sugiharto, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga, ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!