Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tetap memanggil empat pemain dengan menit bermain minim di klub untuk masuk skuad di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Empat pemain itu adalah Marselino Ferdinan (Oxford United), Ragnar Oratmangoen (FCV Dender), Pratama Arhan (Suwon FC), dan Thom Haye (belum ada klub).

Pelatih asal Korea Selatan itu punya alasan tersendiri memasukkan mereka dalam daftar 26 pemain untuk dibawa ke Arab Saudi pada laga perdana kualifikasi itu.

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa keputusan diambil setelah melewati pertimbangan dari tim kepelatihan. Menurutnya, keterbatasan pilihan pemain menjadi alasan keempatnya tetap dipanggil meski minim menit bermain.

"Memang hal-hal seperti itu (soal menit bermain) yang saya khawatirkan. Namun, tidak ada pengganti pemain-pemain seperti itu. Jadi, mau tidak mau kami tetap panggil pemain tersebut," kata Shin Tae-yong di Jakarta, dikutip pada Senin, 2 September 2024.

Dari empat pemain itu, Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, dan Pratama Arhan memang tercatat sebagai pemain yang belum menjadi pilihan utama klubnya masing-masing. Sementara, Thom Haye masih mencari klub baru setelah berpisah dengan SC Heerenveen.

Sang pemain saat ini berstatus bebas transfer sehingga bisa bergabung dengan klub mana pun secara gratis.

Kendati keempat pemain tersebut minim menit tampil, Shin Tae-yong tak meragukan kualitas pemain pilihannya. Ia memilih secara seksama mengingat agenda Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 cukup berat.

Pada laga perdana, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Arab Saudi di King Abdullah Stadium pada Jumat, 6 September 2024, dini hari WIB.

Setelah itu, Skuad Garuda akan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 10 September 2024.