Bagikan:

JAKARTA - Newcastle United berhasil naik ke papan atas Premier League Inggris setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1 di Stadion St James' Park, Newcastle, Minggu, 1 September 2024 malam WIB. Tottenham sendiri sama sekali tak bisa mencetak gol sehingga gagal memenangkan laga itu.

Laga dengan tiga gol. Namun Tottenham yang menurunkan trisula Dejan Kulusevski, Son Heung-min dan Wilson Odobert tak berkutik sama sekali.

Satu-satunya gol Tottenham dihasilkan pemain Newcastle sendiri. Ya, bek Dan Burn membuat gol bunuh diri yang menyamakan skor. Namun Newcastle mampu bangkit dan menutup laga dengan kemenangan lewat gol Alexander Isak.

Mandulnya Tottenham memang di luar dugaan. Pasalnya pada laga terakhir saat menjamu Everton, tim asuhan Ange Postecoglou benar-benar tampil beringas dan menghajar lawannya empat gol tanpa balas. Namun mereka gagal mempertahankan performa sehingga harus mengakui keunggulan The Magpies.

Kemenangan atas Tottenham menjadikan Newcastle mempertahankan rekor tak terkalahkan selama pertandingan home sejak Januari 2024. Pasukan Eddie Howe pun sukses memperbaiki peringkat.

Kini, mereka menduduki posisi empat dengan poin tujuh. Sama dengan Brighton and Hove Albion dan Liverpool. Hanya, Newcastle memiliki selisih gol palig kecil.

Sementara, Manchester City bertengger di puncak klasemen dengan memiliki sembilan poin. Man City selalu memenangkan tiga pertandingan pertama sehingga berhasil merebut kembai posisi teratas yang sebelumnya dikuasai Brighton.

Totteham sendiri berada di posisi 10. Mereka baru mengemas empat poin setelah gagal mendapat poin di pertandingan tandang itu.

Di laga tersebut, Howe kembali memainkan gelandang Sandro Tonali. Meski baru diturunkan di babak kedua, ini merupakan penampilan pertama Tonali yang dikenai sanksi larangan bermain selama 10 bulan karena terlibat dalam judi bola. Saat masuk menggantikan Sean Longstaff di menit 68. dia mendapat aplaus dari suporter.

Newcastle juga tampil mengesankan. Mengawali laga dengan serangkaian gebrakan pertahanan lawan, tuan rumah akhirnya unggul saat gelandang Harvey Barnes membobol gawang Tottenham di menit 37.

Unggul 1-0, The Toon Army kian bersemangat menekan lawan. Namun tidak ada tambahan gol sehingga keunggulan satu gol tuan rumah bertahan sampai turun minum.

Tottenham mencoba bangkit di babak kedua. Mereka pun tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor saat Burn membuat gol bunuh diri di menit 56.

Setelah imbang, Tottenham lebih menguasai permainan. Hanya saja, serangan The Lilywhites lebih sering kandas.

Sebaliknya, Newcastle berhasil kembali unggul. Kali ini, striker Alexander Isak yang menaklukkan kiper Guglielmo Vicario di menit 78. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Newcastle dan bertahan sampai akhir laga.