Bagikan:

JAKARTA - Tersingkir di Arsenal dan tak ingin berlama-lama duduk di bench, kiper Aaron Ramsdale memutuskan hengkang. Ramsdale memilih bergabung dengan Southampton yang memberi kesempatan bermain secara reguler.

Ramsdale tak menjadi kiper pertama setelah Arsenal meminjam David Raya dari Brentford. Meski berstatus kiper pinjaman, namun Raya langsung merebut posisi Ramsdale yang sebelumnya menjadi pilihan pertama di bawah mistar.

Semenjak kedatangan Raya ke Emirates, manajer Mikel Arteta lebih mengandalkan kiper timnas Spanyol tersebut dan langsung membangkucadangkan Ramsdale. Hanya menjadi pelapis kiper pinjaman, Ramsdale pun mempertimbangkan masa depannya di Arsenal.

Meski Arteta enggan melepas kiper berusia 26 ini, namun Ramsdale bersikukuh untuk meninggalkan Arsenal. Apalagi, dirinya sudah diincar sejumlah klub Premier League Inggris, termasuk Wolverhampton Wanderers. Namun Southampton yang akhirnya mendapatkan Ramsdale.

Soton sesungguhnya hanya ingin meminjam kiper yang baru lima kali membela timnas Inggris ini. Hanya saja The Gunners menolak tawaran peminjaman. Soton akhirnya menunjukkan keseriusan memboyong Ramsdale. Apalagi mereka gagal mendatangkan kiper Feyenoord Justin Bijlow karena problem kesehatan.

Klub dari wilayah pantai selatan Inggris ini pun mengajukan harga 18 juta poundsterling untuk transfer Ramsdale. Lewat negosiasi yang cukup alot, kedua klub akhirnya menyepakati 18 juta poundsterling ditambah bonus penampilan atau add-ons sebesar 7 juta poundsterling.

Dengan demikian, The Saint total menggelontorkan dana 25 juta poundsterling untuk pembelian Ramsdale yang turut serta ke Euro 2024 meski tak sekalipun dimainkan.

Ramsdale yang mendapat kontrak empat tahun membeberkan dirinya tak sekadar ingin berdiri di bawah mistar secara reguler, tetapi manajer Russell Martin sukses merayunya untuk pindah.

"Saya sangat senang bisa bergabung. Bagaimana manajer menjelaskan soal permainan tim dan saat dia bicara dengan saya. Dia begitu antusias. Padahal, saya belum pernah bertemu dia sebelumnya. Tetapi dia membuat saya terkesan dan saya merasa begitu dihargai," ucap Ramsdale seperti dikutip The Sun.

"Kembali ke Pantai Selatan sungguh menyenangkan bagi saya dan keluarga. Saya yakin tak sulit melakukan penyesuaian di sini. Dan, saya siap memberikan yang terbaik. Saya akan bermain dengan senyum lebar di sini," kata dia lagi.

Martin sendiri merasa puas klub mendatangkan Ramsdale. Kehadirannya diyakii mampu memperbaiki sektor pertahanan Soton yang selalu menelan kekalahan pada dua laga pertama Liga Premier.

"Saya senang pemilik klub dan dewan mewujudkan rencana ini. Apalagi, banyak klub yang menginginkan dia. Aaron merupakan kiper bertalenta. Dia juga menunjukkan sebagai kiper serbabisa. Ini yang penting bila melihat cara bermain kami," kata Martin.

Ramsdale bakal bekerja keras mengangkat performa tim. Pasalnya, Soton masih berkutat di papan bawah. Musim lalu, Soton juga nyaris terdegradasi dan harus melakoni play-off agar bisa bertahan di Premier League.