Bagikan:

JAKARTA - Arsenal tak keberatan melepas kiper Aaron Ramsdale dengan satu syarat. Namun, kiper legendaris Arsenal David Seaman meminta Ramsdale bertahan di London Utara.

Ramsdale berharap segera meninggalkan Arsenal setelah kehilangan posisi sebagai kiper pertama. Musim ini, posisi Ramsdale direbut David Raya. Ironisnya, kiper Timnas Spanyol ini berstatus pemain pinjaman dari Brentford.

Sebelumnya, Ramsdale menjadi pilihan pertama Manajer Mikel Arteta. Dirinya menjadi andalan saat berdiri di bawah mistar meski akhirnya Arsenal gagal meraih titel Liga Inggris 2022/2023. Arsenal disalip Manchester City pada pekan-pekan terakhir kompetisi.

Hanya, setelah kedatangan Raya dengan status pinjaman, dirinya langsung kehilangan tempat.

Arteta lebih memilih Raya yang berujung Ramsdale hanya duduk di bench. Buntutnya, musim ini Ramsdale hanya bermain tiga kali selama tiga bulan terakhir.

Status sebagai kiper kedua menjadikan Ramsdale terancam kehilangan tempat di Timnas Inggris. Kiper berusia 25 ini memang menjadi yang kedua setelah Jordan Pickford.

Bila dirinya jarang dimainkan, Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, sudah pasti mengabaikan Ramsdale.

Apalagi, Timnas Inggris memiliki stok kiper berlimpah. Selain Pickford, ada Sam Johnstone, Dean Henderson, dan James Trafford.

Belum termasuk Nick Pope bila sembuh dari cedera bahu. Kiper Newcastle United ini tetap masuk radar Southgate.

Arsenal pada akhirnya tak keberatan bila Ramsdale hengkang dari Emirates. Hanya saja, The Gunners baru akan melepas Ramsdale jika sudah mendapat kepastian mempermanenkan Raya.

Menurut rencana, Arsenal siap menebus Raya dengan harga 27 juta poundsterling. Fabrizio Romano, pakar dan pengamat transfer pemain di klub Eropa, menyebut Arsenal memang belum menerima penawaran dari klub lain. Bila ada yang berminat, klub bakal melepas Ramsdale.

"Aaron Ramsdale bisa saja pergi bila ada tawaran menarik dari klub lain. Bila ada tawaran dengan nilai besar, klub pasti tergoda untuk menjual pemain. Terutama bila pemain itu bukan starter seperti Ramsdale," ujar Romano.

Meski belum ada penawaran, beredar isu bila Ramsdale menjadi target Newcastle United. Dirinya diproyeksikan sebagai kiper pertama menggantikan Pope yang cedera bahu.

Selain itu, ada Chelsea yang kehilangan kiper utama Robert Sanchez akibat cedera lutut. Ramsdale dinilai layak menggantikan Sanchez.

Hanya saja, David Seaman, eks kiper Arsenal, meminta Ramsdale untuk tidak pergi pada Januari ini. Menurut dia, lebih baik Ramsdale menunggu sampai berakhirnya kompetisi.

"Dia kiper nomor dua Inggris. Dia sangat ingin tampil di Piala Eropa (Euro) 2024. Jadi, dia memang ingin ada kesempatan bermain," kata Seaman.

"Namun, saya berharap dia tidak pergi pada Januari ini. Dia lebih baik menunggu sampai akhir musim dan kita lihat apa yang terjadi," ujarnya.

Arteta sendiri juga tak berharap kehilangan Ramsdale. Hanya saja, dia juga tak bisa memberi solusi agar Ramsdale bisa rutin bermain. Sang manajer tetap memilih Raya sebagai kiper utama ketimbang Ramsdale.