Bagikan:

JAKARTA - Lazio dan AC Milan, dua klub raksasa yang mengalami kekalahan mengejutkan pekan lalu, akan berusaha bangkit kembali dalam pertandingan Serie A pada Sabtu malam 31 Agustus, saat mereka saling berhadapan di Stadion Olimpico, Roma.

Lazio, yang dilatih oleh Marco Baroni, mengalami kekalahan 2-1 melawan Udinese dalam laga terakhir mereka.  Lazio tertinggal satu gol dalam lima menit pertama dan kebobolan lagi setelah jeda. Meski lawan mereka, Udinese, dikurangi menjadi 10 pemain di pertengahan babak kedua, Lazio hanya mampu mencetak gol hiburan melalui Gustav Isaksen pada masa tambahan waktu.

Kekalahan ini menghentikan rekor tak terkalahkan selama delapan pertandingan yang mereka miliki sejak musim lalu, serta mencatatkan kekalahan ketiga berturut-turut melawan Milan di Serie A tanpa mencetak gol.

Pelatih Marco Baroni menghadapi tantangan besar dalam meraih hasil positif di pertandingan ini. Beberapa pemain kunci Lazio mengalami masalah cedera. Mario Gila masih absen karena cedera paha, dan Nicolo Casale yang juga cedera kemungkinan tidak akan tampil.

Bek kiri Lorenzo Pellegrini, yang terlibat dalam kecelakaan mobil pekan lalu, mungkin dapat kembali bergabung dengan skuad. Di lini tengah, Nicolo Rovella, Matias Vecino, dan Danilo Cataldi akan bersaing untuk posisi bertahan. Mattia Zaccagni, kapten Lazio, akan memimpin serangan bersama Taty Castellanos, diharapkan melanjutkan performa apik di Stadio Olimpico.

Sekarang, pelatih baru akan mencoba menghentikan kekalahan Lazio dalam tiga pertemuan terakhir Serie A melawan Milan tanpa mencetak gol, termasuk kekalahan 1-0 dari Rossoneri saat kedua tim bertemu di Roma enam bulan lalu.

AC Milan juga mengalami hasil buruk dalam pertandingan terakhir mereka. Setelah bermain imbang 2-2 melawan Torino pada laga pembuka Serie A, Milan kalah 2-1 dari Parma, tim yang baru dipromosikan. Milan kebobolan gol awal dan meskipun Christian Pulisic berhasil menyamakan kedudukan, kesalahan defensif mengakibatkan gol kemenangan bagi Parma dari Matteo Cancellieri di akhir pertandingan. Ini adalah awal musim terburuk Milan sejak 2011, dengan dua pertandingan tanpa kemenangan.

Pelatih Paulo Fonseca menghadapi tekanan besar untuk memperbaiki performa timnya. Alvaro Morata, salah satu rekrutan utama Milan, masih absen karena cedera paha. Luka Jovic atau Noah Okafor akan menggantikan Morata di lini depan, bergabung dengan Rafael Leao dan Christian Pulisic. Emerson Royal dan Youssouf Fofana, yang baru bergabung dengan tim, mungkin juga akan mendapatkan kesempatan bermain jika Fonseca melakukan perubahan pada formasi tim.

Sementara itu, Milan telah memenangkan lima dari enam pertandingan liga terakhir mereka melawan Lazio, namun mereka belum mencatat kemenangan tandang berturut-turut melawan Biancocelesti sejak 2009.

Pelatih kepala Paulo Fonseca akan berusaha untuk melakukannya pada Sabtu malam, setelah memulai masa jabatannya di San Siro dengan kurang nyaman. Setelah bermain imbang 2-2 dengan Torino pada hari pembukaan Serie A - setelah tertinggal dua gol hingga menit ke-89 - Milan mengalami kekalahan mengejutkan di Stadio Tardini terakhir kali.

Untuk pertama kalinya sejak 2011, Milan belum memenangkan kedua pertandingan liga pertama mereka, dan meskipun mereka mencatatkan jumlah tembakan terbanyak (43), jumlah sentuhan terbanyak di area lawan (82), dan serangan langsung terbanyak (10) di Serie A sejauh ini, masih ada kekhawatiran tentang lini belakang mereka yang rapuh.

Jika tim baru Fonseca kalah lagi akhir pekan ini, Milan akan membuat awal terburuk mereka untuk musim ini dalam abad ini.

Pilihan defensif Marco Baroni akan dibatasi oleh ketidakhadiran, karena Mario Gila masih cedera paha dan Nicolo Casale - yang banyak dikaitkan dengan kepindahan ke Bologna - juga mungkin tidak tersedia. Bek kiri Lorenzo Pellegrini terlibat dalam kecelakaan mobil pekan lalu tetapi mungkin masih bisa bergabung dengan skuad.

Sebaliknya, pelatih kepala Lazio tidak memiliki kekhawatiran di lini tengah, di mana Nicolo Rovella, Matias Vecino, dan Danilo Cataldi akan kembali bersaing untuk tempat di posisi bertahan tepat di depan lini belakang tuan rumah.

Sementara itu, mendukung Taty Castellanos di depan, kapten Mattia Zaccagni akan berusaha melanjutkan rekor bagusnya di Stadio Olimpico - winger Italia ini terlibat langsung dalam empat dari enam gol kandang Lazio terakhir.

Rekan setim Zaccagni di sisi kiri serangan Milan adalah Rafael Leao, yang belum mencetak gol musim ini tetapi telah menciptakan peluang terbanyak, mengirimkan bola terbanyak ke kotak lawan, dan melakukan tembakan terbanyak (11, setara dengan Castellanos) di Serie A sejauh ini.

Sebagai rekrutan utama Milan musim panas ini, Alvaro Morata masih absen karena cedera paha, sehingga Luka Jovic atau Noah Okafor akan bergabung dengan Leao dan Christian Pulisic di lini depan.

Setelah keduanya melakukan debut Serie A mereka sebagai pemain pengganti melawan Parma, kedatangan terbaru Emerson Royal dan Youssouf Fofana bisa terlibat lagi, bahkan mungkin memulai jika Paulo Fonseca memutuskan untuk mencoba formula yang belum berhasil.

Prakiraan Susunan Pemain: 

Lazio: Provedel; Lazzari, Patric, Romagnoli, Marusic; Dele-Bashiru, Rovella, Guendouzi; Noslin, Castellanos, Zaccagni

AC Milan: Maignan; Calabria, Tomori, Pavlovic, Hernandez; Fofana, Reijnders; Pulisic, Loftus-Cheek, Leao; Okafor