Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo mengungkapkan rencana pensiun yang sudah dipikirkan dengan sangat matang. Dia juga menegaskan tidak akan duduk di kursi pelatih selepas gantung sepatu.

Rencana pensiun bintang Portugal itu dibeberkan sang kekasih, Georgina Rodriguez. Perihal gantung sepatu Ronaldo tak hanya di level klub, tapi juga Timnas Portugal.

"Cristiano, satu tahun lagi sebelum semuanya berakhir. Mungkin dua tahun lagi, aku tidak tahu," ujar Georgina.

Kontrak Ronaldo di Al-Nassr berakhir pada akhir musim ini. Lalu, seruan mencoret CR7 dari Timnas Portugal sudah mencuat setelah kegagalan di Euro 2024.

Terdekat, Portugal akan tampil di UEFA Nations League 2024/2025. Di tengah isu penolakan itu, Ronaldo menegaskan dia masih siap untuk dipilih Manajer Roberto Martinez untuk menghadapi Kroasia, Polandia, dan Skotlandia di fase grup.

"Saya ingin dapat membantu tim nasional dalam pertandingan mendatang. Kami akan menghadapi UEFA Nations League dan saya sangat ingin bermain," ujar Ronaldo kepada Portugal NOW.

Kembali ke soal pensiun, setidaknya Georgina Rodriguez sudah memberikan sedikit gambaran. Namun, Ronaldo masih ingin merahasiakannya.

"Ketika saya meninggalkan tim nasional, saya tidak akan memberi tahu siapa pun sebelumnya. Itu akan menjadi keputusan yang sangat spontan dari saya, tetapi juga keputusan yang dipikirkan dengan sangat matang," tutur pemain Al Nassr tersebut.

Intinya, selepas gantung sepatu, Ronaldo tidak akan kembali ke sepak bola sebagai manajer tim. Dia lebih ingin menghabiskan waktu di luar sepak bola.

"Saat ini, saya tidak berpikir untuk menjadi pelatih tim utama atau tim mana pun. Itu sama sekali tidak terlintas di pikiran."

"Saya tidak pernah memikirkannya. Saya tidak melihat masa depan akan seperti itu. Saya melihat diri saya melakukan hal-hal lain di luar sepak bola, tetapi hanya Tuhan yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan," ujar eks pemain Manchester United itu.

Ronaldo memiliki beberapa pekerjaan sampingan yang menguntungkan, seperti investasi di hotel, pusat kebugaran, dan pakaian.

Legenda Manchester United dan Real Madrid itu juga meluncurkan saluran YouTube sendiri pada pekan lalu. Dia bahkan secara aneh digosipkan akan terjun ke dunia tinju selebriti.