Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, mengaku bangga dengan pencapaian timnya yang sukses menaklukan Argentina U-20. Meski begitu, ada satu pesan penting yang disampaikan untuk para pemain.

Timnas Indonesia U-20 berjumpa Argentina di Seoul Earth on Us Cup 2024. Bertanding di Stadion Mokdong pada Rabu, 28 Agustus 2024, skuad asuhan Indra Sjafri berhasil menang 2-1 meski sempat tertinggal lebih dulu.

Pencapaian anak asuhnya itu jelas membanggakan bagi Indra Sjafri. Setelah pertandingan, sang pelatih mengaku senang, tapi ia juga menitipkan pesan agar anak asuhnya tak bersikap sombong dan tetap menerapkan ilmu padi.

"Paling penting kemenangan yang kemarin (atas Argentina) harus disikapi dengan wajar. Jangan jemawa, sombong. Tetap pakai ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk," kata Indra Sjafri dalam keterangannya dikutip pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Indra Sjafri ingin menjadikan kemenangan atas Argentina sebagai tambahan energi untuk berbagai ajang penting yang akan dihadapi.

Apalagi setelah turnamen mini tersebut, Kadek Arel dan kawan-kawan juga akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

"Yang penting respons kemenangan kami kemarin harus jadi motivasi untuk kami bisa bekerja lebih baik dan mencapai cita-cita Indonesia U-20 lolos kualifikasi (Piala Asia U-20 2025) dan bisa lolos ke Piala Dunia (U-20 2025)," ujar sang pelatih.

Performa Indonesia U-20 kontra Argentina patut diapresiasi. Garuda Muda sempat tertinggal sejak menit ke-16 lewat gol sundulan Mirko Juares Zemlich.

Kadek Arel dan Mouri Ananda Yves Ramli Simon membukukan gol pada babak kedua sehingga mencengangkan lawan.

Kadek Arel menyamakan kedudukan lewat tandukan keras usai memaksimalkan umpan tendangan bebas Mouri Ananda pada menit ke-75. Lalu, Mouri Ananda berhasil membuat Timnas Indonesia unggul melalui gol dari tendangan penalti lima menit berselang.

Setelah melawan Argentina, Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Thailand U-20 pada Jumat, 30 Agustus 2024. Dengan jeda waktu yang sempit, Indra Sjafri fokus untuk memulihkan kondisi pemain.