Pelecehan Psikologis dan Perundungan Seksis Pelatih Timnas Putri Spanyol Terungkap dalam Buku Karya Danae Boronat
Danae Boronat (Instagram @danaeboronat)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah buku karya jurnalis Danae Boronat mengungkap pelecehan yang dilakukan Ignacio Quereda terhadap tim nasional putri Spanyol. Quereda menjadi pelatih timnas selama 27 tahun, dari 1988 hingga 2015.

Buku berjudul No las llames chicas, llamales futbolistas (Jangan panggil mereka perempuan, panggil mereka pesepak bola), memuat kesaksian dari beberapa pemain top tim nasional.

Mereka mengungkap pelecehan psikologis yang dilakukan oleh Quereda di mana perilaku tidak pantas dan perundungan seksisnya dibiarkan begitu lama.

"Saya tidak bisa menghitung berapa kali dia datang dan mengangkat baju saya," kata Marta Corredera dari Real Madrid dilansir dari MARCA, Jumat, 26 Maret.

"'Singkirkan tindik itu, itu menyebabkan infeksi,'" dia akan memarahi saya.

"Jadi, ketika saya tiba di kamp pelatihan, saya harus melepaskan tindikan saya untuk memberitahunya: 'Saya tidak memekaianya, jangan angkat (baju) saya lagi.'"

Selain Corredera, manifesto dalam buku ini meliputi Jenni Hermoso, Vicky Losada, Irene Paredes, Alexia Putellas, Vero Boquete, Aitana Bonmati dan Nahikari Garcia, yang membuat sejarah di Piala Dunia 2019 di bawah pelatih kepala saat ini, Jorge Vilda.