Bagikan:

JAKARTA - Debut mengesankan manajer Liverpool Arne Slot. Liverpool diantarnya meraih kemenangan 2-0 atas tim promosi Ipswich Town di pertandingan pertama Premier League Inggris di Stadion Portman Road, Sabtu, 17 Agustus 2024 malam WIB.

Slot menanggung beban berat saat menggantikan Juergen Klopp yang mundur usai kompetisi. Klopp termasuk sukses menangani Liverpool selama sembilan tahun terakhir.

Dia mengantarkan Liverpool memenangi Premier League, Liga Champions, Piala FA dan Carabao Cup menjadi trofi pamungkas sebelum meletakkan jabatan. Belum termasuk Piala Super Eropa atau UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antarklub.

Laga pertama melawan Ipswich menjadi ujian awal Slot. Hanya laga itu memang tidak terlalu berat karena mereka menghadapi tim promosi. Musim lalu, The Tractor Boys menempati peringkat dua di Divisi Championship yang membawa mereka promosi ke Liga Premier.

Meski bermain di kandang sendiri, Ipswich pun tetap kesulitan menghadapi Liverpool. Selama 45 menit pertama, mereka memang masih bisa mengimbangi The Reds.

Namun memasuki babak kedua, Liverpool menunjukkan konsisten menekan lawan. Apalagi, mereka unggul dalam penguasaan bola. Hanya saja, Virgil van Dijk dkk harus sabar menunggu gol sampai akhirnya striker Diogo Jota memecah kebuntuan Liverpool.

Berawal dari setting serangan Liverpool yang dilakukan bek Trent Alexander-Arnold. Dirinya kemudian memberikan bola kepada Mohamed Salah. Kapten timnas Mesir ini lalu memberikan assist kepada Jota yang mengonversinya menjadi gol di menit 60.

Unggul 1-0 menjadikan Liverpool kian bersemangat menekan Ipswich. Apalagi, penampilan mereka terus membaik yang menyulitkan tuan rumah membendung serangan Liverpool.

Tak lama berselang, Liverpool berhasil memperbesar keunggulan. Kali ini Salah yang menyambut bola rebound membobol gawang Ipswich di menit 65.

Skor berubah menjadi 2-0 untuk Liverpool. Tidak ada lagi tambahan gol. Keunggulan dua gol Liverpool bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan itu membawa Liverpool yang mendapatkan tiga poin ke puncak klasemen. Perolehan poin Liverpool sama dengan Manchester United yang menang 1-0 atas Fulham di laga sebelumnya. Liverpool unggul selisih gol sehingga menggeser MU.