Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) sudah mulai membuka pendaftaran calon ketua umum (ketum) untuk masa bakti 2024-2028.

Federasi basket Indonesia itu rencananya akan menggelar musyawarah nasional (munas) dengan agenda utama pememilihan ketua umum di Jakarta pada 28-30 Oktober 2024.

Bakal calon ketua umum sudah bisa mengambil formulir pendaftaran mulai Rabu, 14 Agustus 2024, sampai dengan 23 Agustus 2024.

Ketua Tim Penjaringan, Setia Dharma Madjid, mengatakan bahwa formulir pendaftaran itu sudah harus dikembalikan pada 23 Agustus 2024 hingga 23 September 2024 untuk kemudian diproses oleh timnya.

"Kelengkapan administrasi yang disertakan di antaranya adalah formulir pendaftaran, dokumen pakta integritas, dan beberapa dokumen lain, termasuk tidak pernah dijatuhi hukuman baik perdata maupun pidana dan/atau tidak sedang terkena permasalahan hukum baik perdata maupun pidana," kata Dharma.

Pada saat pendaftaran, bakal calon harus menyertakan persyaratan bukti tertulis dukungan dari 15 pengurus provinsi (pengprov) yang ditandatangani oleh masing-masing ketua umum.

Adapun pengumuman bakal calon ketua mum yang sah secara administrasi akan dilakukan pada saat musyawarah nasional nanti.

Dharma mengungkapkan bahwa pada saat mengembalikan formulir, bakal calon juga wajib menyerahkan dana sebesar Rp500 juta sebagai bentuk komitmen dan keseriusan dalam mencalonkan diri sebagai Ketum PP Perbasi.

"Ini penting karena Ketum PP Perbasi selanjutnya harus serius melanjutkan tongkat estafet prestasi yang sudah ditancapkan kepengurusan saat ini," kata dia.

Saat ini PP Perbasi dipimpin oleh Ketua Umum Danny Kosasih. Dia sudah memimpin federasi basket Indonesia selama dua periode.

Danny sudah memastikan dirinya tak maju lagi dalam pencalonan ketum untuk periode berikutnya. Dengan demikian, PP Perbasi bakal punya pemimpin baru.