Bagikan:

JAKARTA - Pemilihan ketua umum baru PP Perbasi periode 2024-2028 masih gelap. Meski ada nama yang muncul, belum diketahui pasti siapa saja yang akan maju dalam Musyawarah Nasional (Munas) pada 28-30 Oktober 2024 di Jakarta.

Pengambilan formulir calon ketua umum PP Perbasi di buka sejak Rabu, 14 Agustus 2024, hingga Jumat, 23 Agustus 2024, pukul 17.00 WIB.

Pengambilan formulir bisa dilakukan secara online melalui link yang disediakan panitia pemilihan ataupun datang langung ke kantor PP Perbasi.

Sampai tenggat pengambilan formulir, hanya Budi Satriodjiwandono dan Yos Paguno yang diketahui telah mengambil formulir. Budi mengambil formulir secara online dan mendatangi langsung kantor PP Perbasi di GBK Arena, Senayan, Jumat, 23 Agustus 2024.

Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon, Setia Dharma Madjid, menyebut selain Budi ada satu nama yang sudah diketahui mengambil formulir pendaftaran yakni Yos Paguno. Sementara yang mengunduh secara online, baru bisa diketahui siapa sosoknya apabila sudah mengembalikan formulir.

"Iya pengambilan formulir bisa online atau datang langsung. Yang baru konfirmasi ambil itu Budi dan Yos Paguno," kata Dharma kepada VOI.id.

"Pengambilan formulir batasnya sampai jam 5 sore, Jumat (23/8/2024). Jadi, baru ketahuan dua itu saja yang ambil formulir. Namun, tidak tahu juga kalau yang lain download formulir online," tuturnya.

Dari dua nama yang sudah dikonfirmasi itu, belum ada sosok yang diharapkan memimpin PP Perbasi, seperti Azrul Ananda, Christopher Tanuwidjaja, Syailendra Bakrie, Lexyndo Hakim, hingga Augie Fantinus.

Adapun pengembalian formulir pendaftaran akan ditunggu hingga 23 September 2024, kemudian diverifikasi Tim Penjaringan Bakal Calon Ketua Umum.

"Intinya pas pengembalian formulir. Baru ketahuan siapa siapa yang mendaftar," ujar Dharma.

Sementara itu, Budisatrio Djiwandono mengungkapkan dirinya akan bertarung untuk memimpin Federasi Bola Basket Indonesia di Munas nanti.

"Saya datang ke sini untuk mengambil formulir pendaftaran untuk dipertimbangkan nantinya sebagai calon ketua umum Perbasi," ujar Budi dalam jumpa pers.

Yos Paguno setali tiga uang. Dia termotivasi mencalonkan diri untuk memperbaiki organisasi di akar rumput karena menurutnya di setiap daerah masih kurang optimal.

"Jadi, tugas kami di PP Perbasi akan memotivasi pengprov untuk mengadakan Kejurprov yang diikuti oleh Pengkot dan Pengkab karena selama ini pembinaan di bawah kurang," kata Yos Paguno.

"Jadi, masa pembinaan itu yang menurut saya penting. Selama ini diutamakan masalah pembinaan yang sifatnya profesional."

"Jadi, di sini kami akan mengajak Ketum Pengprov aktif. Jangan sampai Pengprov yang sekarang ini dibilang aktif ternyata tidak pernah menggelar kejuaraan di provinsi masing-masing," kata Yos dilansir Antara.

Tim Penjaringan Bakal Calon akan melakukan verifikasi berkas pada 23-25 September 2024.

Pada saat pendaftaran bakal calon harus menyertakan persyaratan bukti tertulis dukungan dari 15 pengurus provinsi (Pengprov) yang ditandatangani oleh masing-masing ketua umum.

Adapun pengumuman bakal calon ketua umum yang sah secara administrasi akan dilakukan pada saat Musyawarah Nasional nanti.