Bagikan:

JAKARTA - Arsenal dan Real Sociedad sudah mencapai kata sepakat terkait transfer Mikel Merino. The Gunners sepakat membayar 32,6 juta pound untuk mendatangkan gelandang Spanyol tersebut.

Pembayaran 28,4 juta pound di antaranya dilakukan di muka dan 4,2 juta pound sisanya akan diberikan begitu Merino sudah mendarat di Emirates.

Merino menjadi pemain dalam daftar proyek jangka panjang Mikel Arteta. Tak heran, Merino dikontrak hingga empat tahun dengan opsi perpanjangan setahun lagi.

Arsenal awalnya ingin mendatangkan Merino dengan harga sekitar 25 juta pound. Namun, harga itu ditolak Sociedad.

Setelah bolak-balik negosiasi dengan Sociedad, Arsenal pun harus meningkatkan penawaran.

Merino merupakan pemain anyar ketiga Arsenal pada bursa musim panas ini. Total, The Gunners sudah menghabiskan lebih dari 100 juta pound setelah mempermanenkan David Raya dengan nilai 27 juta pound dan mendatangkan Riccardo Calafiori sebesar 42 juta pound.

Kedatangan gelandang Timnas Spanyol di Euro 2024 itu jelas untuk mendukung lini tengah. Arteta menjadikan Merino sebagai daftar incaran teratas mengingat penampilan sang pemain dalam membawa La Roja juara Euro 2024.

Mikel Merino telah bermain 242 kali untuk Real Sociedad selama enam tahun terakhir. Bagi Timnas Spanyol, dia sudah mengumpulkan 28 penampilan.

Gelandang 28 tahun itu mencetak gol kemenangan Spanyol atas Jerman di perempat final Euro 2024.

Sementara itu, sisi kiri lini tengah telah menjadi kelemahan Arsenal setelah ditinggal Granit Xhaka ke Bayer Leverkusen.

Kai Havertz yang coba ditempatkan di pos tersebut ternyata tidak cocok untuk mengisi peran itu.

Arteta pun melihat Merino bakal pas menjalani peran tersebut. Selain itu, kedatangan sang gelandang tentu membuat lini tengah punya kedalaman mumpuni, hal ang dilewatkan The Gunners musim lalu.

Arsenal perlu melawan kedalaman pasukan Manchester City yang menjegal mereka dalam perburuan gelar Liga Inggris musim lalu pada pekan-pekan terakhir.

The Gunners akan menyelesaikan transfer Merino dengan cepat agar dia bisa dimainkan ketika melawan Aston Villa pada Sabtu, 24 Agustus 2024, waktu setempat.